Tembang-tembang nasional memainkan peran penting
Damaskus (ANTARA News) - Penyanyi terkenal Suriah Mayada al-Hinawi mengatakan para seniman memiliki peran penting dalam memberi pencerahan pada masyarakat, terutama jika negara mereka menghadapi agresi internasional seperti apa yang terjadi di Suriah.

Al-Hinawi, dalam satu pernyataan kepada SANA, mengatakan bahwa krisis di Suriah membutuhkan sikap yang benar dan jujur dari kalangan seniman, yang bisa lebih penting daripada pengamat politik mana pun.

Ia juga mengatakan tanah air lebih berharga dari segalanya, dan itu harus jauh dari perhitungan untung-rugi.

Seniman perempuan itu pun menegaskan telah menyatakan dukungan kepada pemerintah Suriah dari tekanan asing.

"Tembang-tembang nasional memainkan peran penting untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat pada umumnya," kata al- Hinawi.

Sementara itu, soal lagu-lagu Suriah, ia mengatakan dibutuhkan lebih banyak dukungan untuk memperkuat kehadiran lagu di berbagai aspek kehidupan.

Ia menambahkan bahwa kemunduran yang dialami lagu-lagu Suriah saat ini karena ketiadaan perusahaan produksi dan produser.

Mayada al-Hinawi lahir di Aleppo, dan dikenal sebagai "penyanyi untuk semua generasi".

Komposer kondang Arab, yang termasuk dalam generasi tahun 70-an dan 80-an seperti Balegh Hamdi, Riyad al-Sunbati, Mohammad al-Mouji, Mohmmad Sultan, Helmi Baker, Saeid Makawi dan Mohammad Abdulwahab, menggubahkan lagu untuk al-Hinawi.

Al-Hinawi juga mencapai ketenaran besar di tahun 80-an dan 90-an.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014