Banyumas (ANTARA News) - Lima orang tewas dan empat lainnya luka parah ketika sebuah truk tangki menabrak mobil angkutan pedesaan (angkudes) di Jalan Raya Ajibarang-Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah, Senin pagi.

Satu kendaraan angkutan pedesaan bernomor polisi R 1299 E yang dikemudikan Sutrisno ditabrak truk tangki bahan bakar minyak hingga masuk ke sungai kecil di Desa Cikawung, Pekuncen.

Ketika itu, Sutrisno yang mengerem kendaraannya karena ada kendaraan dari arah berlawanan saat mendekati sungai kecil, tiba-tiba kendaraannya ditabrak dari belakang oleh truk tangki.

Angkudes yang dikemudikan Sutrisno sedang dalam perjalanan dari arah utara (Pekuncen)  menuju Pasar Induk Ajibarang.

Sopir truk tangki H 1837 DF yang belum diketahui namanya tersebut diduga gagal melakukan pengereman sehingga menyeruduk angkudes di depannya dan akhirnya mobil angkutan itu terdorong maju hingga terjun ke sungai sedalam lima meter.

Akibat kecelakaan tersebut, lima penumpang angkudes tewas di lokasi kejadian dan beberapa lainnya terluka. Para korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ajibarang.

Saat ditemui di RSUD Ajibarang, salah seorang korban luka, Risem, mengaku tidak menyangka akan mengalami kejadian tersebut.

"Saya bersama penumpang lainnya langsung pingsan saat angkudes terjun ke sungai," kata dia yang mengalami luka-luka di kepala.

Sementara Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Dwiyono mengatakan bahwa pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

"Kami masih menyelidikinya dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi termasuk sopir truk tangki," katanya.

Berikut daftar identitas para korban:

Tewas
1. Rumini (48), warga Desa Cikawung RT 01 RW 02, Kecamatan Pekuncen
2. Tasminah (52), warga Desa Ciberung RT 02 RW 02, Kecamatan Ajibarang
3. Duriyah (40), warga Desa Ciberung RT 05 RW 01
4. Khalimah (52), warga Desa Cikawung RT 05 RW 01
5. Suparni (50), warga Desa Cikawung RT 02 RW 03.

Luka-luka
1. Sutrisno (sopir angkudes)
2. Risem (37), warga Desa Banjaranyar RT 03 RW 07, Kecamatan Pekuncen
3. Saminah (40), warga Desa Cikawung RT 01 RW 02
4. Wasriah (40), warga Desa Cikawung RT 04 RW 03.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013