... kelompok pergaulan menjadi pengaruh utama remaja... "
Solo (ANTARA News) - Kota Solo masuk peringkat kedua dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah sebagai daerah yang terkena kasus narkoba, dalam hal mereka yang menjadi korban sebagian besar adalah pelajar dan usia produktif.

Pejabat pemerintah Kota Surakarta, Suharso, mengatakan hal tersebut di hadapan para pelajar dalam rangka sosialisasi pencegahan peredaran minuman keras dan narkoba di Bale Tawangarum Kompleks Perkantoran balai Kota Surakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, sosialisasi ini penting diberikan kepada pelajar karena kondisi kejiwaannya masih labil, dorongan ingin mencoba hal baru dan rasa ingin tahu sangat tinggi.

"Pengaruh kuat kelompok pergaulan menjadi pengaruh utama remaja. Jadi pengawasan orangtua terhadap perkembangan anak ini penting," kata dia.

"Sosialisasi minuman keras dan narkaba penting dilakukan," kata Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo. Sudah banyak narkoba merusakan generasi muda terutama dalam pendidikan.

Guna mencegah hal itu, dia menyatakan, "Ya paling tidak orang tua dapat mengawasi anak-anaknya, sehingga mereka dapat terkontrol."

Pewarta: Joko Widodo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013