...kegiatan ini dinilai sangat positif, karena berdampak langsung dengan pariwisata di wilayah DIY, terutama kunjungan wisatawan."
Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia akan menggelar Konkurs Seni Suara Alam Burung Perkutut di Yogyakarta, Minggu (1/9).

"Konkurs Seni Suara Alam Burung Perkutut yang digelar tahunan itu, rencananya berlangsung di Puro Pakualaman, Kota Yogyakarta, mulai pukul 07.00 WIB hingga selesai," kata Kepala Seksi Program Informasi Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Setyawan, Kamis.

Menurut dia, Konkurs Seni Suara Alam Burung Perkutut tersebut akan memperebutkan Piala Bergilir Replika Mahkota KGPAA Paku Alam IX, sekaligus Pra Piala Raja yang akan berlangsung pada September mendatang.

"Penyelenggaraan kegiatan ini dinilai sangat positif, karena berdampak langsung dengan pariwisata di wilayah DIY, terutama kunjungan wisatawan," kata Setyawan.

Ia mengatakan beberapa kelas yang akan dipertandingkan meliputi Kelas Dewasa 2 Blok, dan Kelas Piyik/Hanging 2 Blok.

Sementara itu, juara I hingga IV nantinya akan mendapatkan trophy tetap.

"Biaya pendaftaran setiap peserta konkurs ini sebesar Rp75.000, dan akan mendapatkan `door prize` berupa dua sepeda gunung, dua pesawat televisi ukuran 21 inci, dua telepon seluler, serta hadiah menarik lainnya," katanya. (H008/M008)

Pewarta: Heru Jarot
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013