Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh menjadi tamu kehormatan pada resepsi diplomatik perayaan HUT Kemerdekaan ke-68 RI yang diselenggaran KBRI Hanoi di Hotel Sheraton, Hanoi, Selasa malam.

Keterangan pers KBRI Hanoi yang diterima Antara di Jakarta, Rabu, menyebutkan kehadiraan Menlu Minh menandai kedekatan dan semakin eratnya hubungan kedua negara.

Pemimpin kedua negara telah menyepakati peningkatan hubungan menjadi kemitraan strategis dalam kunjungan Presiden Vietnam ke Indonesia pada Juni lalu.

Dalam sambutannya pada resepsi tersebut, Dubes RI untuk Vietnam, Mayerfas menyampaikan bagaimana eratnya hubungan kedua negara sejak awal mulai dari perjuangan melawan kolonialisme, hubungan persahabatan Presiden Soekarno dan Presiden Ho Chi Minh, yang berlanjut pada pemimpin kedua negara sampai masa kini.

"Kunjungan Presiden Truong Tan Sang ke Indonesia baru-baru ini telah membawa energi baru dalam hubungan kedua negara," kata Dubes Mayerfas.

Menurut dia, kemitraan strategis antara Indonesia dan Vietnam tidak hanya menunjukkan hubungan yang semakin matang antara kedua negara, tetapi juga telah menandai babak baru dalam hubungan kedua negara.

Menjadi tugas pemerintah kedua negara untuk menerjemahkan hubungan yang baik selama ini menjadi hubungan yang saling menguntungkan untuk memenuhi harapan dan kesejahteraan penduduk kedua negara yang hampir mencapai 330 juta orang, kata dia.

Menlu Pham Binh Minh menyampaikan ucapan selamat atas hari ulang tahun ke-68 Republik Indonesia serta menyampaikan kebanggaan Vietnam untuk memiliki tetangga seperti Indonesia, yang sudah menjadi saudara.

"Kedua negara juga memiliki kesamaan dalam sejarah dan budaya yang semakin mempererat hubungan tersebut," kata dia.

Menlu Vietnam juga mengakui bahwa Indonesia telah mencapai kemajuan dalam ekonomi, stabilitas politik, serta peran yang semakin mencuat dalam fora internasional.

Dengan upaya pemimpin kedua negara, Menlu Vietnam percaya hubungan tradisional dan kemitraan strategis antara Indonesia dan Vietnam akan semakin kuat baik di kancah bilateral maupun multilateral.

Sekitar 400 tamu undangan yang terdiri atas pejabat perwakilan asing di Hanoi, pejabat Vietnam dari berbagai kementerian, lembaga, kalangan pengusaha, jurnalis dan para sahabat Indonesia di Vietnam serta masyarakat Indonesia di Hanoi menghadiri resepsi itu.
(M016/T007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013