Semarang (ANTARA News) - Sejumlah pendaftar sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Semarang mengeluhkan akses jaringan Internet yang lambat sehingga mengakibatkan proses verifikasi berkas berlangsung lama.

"Saya sempat menunggu sekitar dua jam untuk cetak berkas. Katanya, akibat jaringannya (Internet, red.) lambat, tetapi sudah diatasi sekolah," kata Kristiana, salah seorang orang tua siswa di Semarang, Rabu.

Warga Kaligarang Semarang yang mendaftarkan anaknya ke SMP Negeri 10 Semarang itu memaklumi kelambatan jaringan internet itu karena kemungkinan diakibatkan banyaknya pengakses situs penerimaan peserta didik (PPD).

Hal senada diungkapkan Stefy, orang tua siswa yang lain juga mengakui akses Internet untuk pencetakan berkas bukti pendaftaran sedikit lambat sehingga mengakibatkan dirinya menunggu cukup lama.

"Ya hanya itu, pencetakan berkasnya agak lama karena akses internetnya lambat. Namun, selebihnya semuanya lancar. Ya maklum karena banyak yang mendaftar," kata warga kawasan Mugas Semarang itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin mengaku belum menerima laporan tentang persoalan tersebut, tetapi bisa dimungkinkan kasus semacam itu terjadi hanya di sekolah tertentu, tidak menyeluruh.

"Saya tadi keliling ke SMP-SMP karena hari ini (26/6) kan mulai pendaftaran dan verifikasi, semuanya lancar. Kalaupun ada kendala mungkin terjadi di satu-dua sekolah, tidak di seluruh sekolah," katanya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013