... Sesuai instruksi dari pusat, maka seluruh kekuatan pekerja diarahkan dalam unjuk rasa... "
Batam, Kepulauan Riau (ANTARA News) - Sekitar 30.000 orang pekerja rencananya akan berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional, 1 Mei 2013.

"Kami mengerahkan 25.000 sampai 30.000 buruh dari tiga aliansi pada May Day," kata Koordinator Garda Metal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kota Batam, Suprapto, Senin.

Tiga aliansi pekerja Batam, SPMI, Serikat Buruh Seluruh Indonesia dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia bersatu dalam aksi May Day di Kantor Pemerintah Kota Batam.

Ia mengatakan, "Sesuai instruksi dari pusat, maka seluruh kekuatan pekerja diarahkan dalam unjuk rasa."

Ada lima tuntutan yang akan disampaikan dalam unjuk rasa May Day, yaitu menolak kenaikan harga BBM, memberlakukan jaminan kesehatan untuk seluruh warga Indonesia, menolak upah murah, menghapus outsourcing dan menolak RUU Ormas.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Kepulauan Riau mengadakan rapat koordinasi khusus dalam mengamankan hari Buruh Sedunia dan antisipasi konflik sosial.

Warga Batam, Sofian berharap aksi buruh berlangsung damai. "Kami paham setiap tahun ada May Day, tapi kami harap, aksi dilakukan damai, tidak pakai rusuh-rusuh," kata dia. (*)

Pewarta: YJ Naim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013