Turnamen futsal putri kali ini diharapkan mampu memasyarakatkan olahraga futsal, khususnya kepada kaum perempuan sekaligus mengurangi tingkat stres yang tinggi akibat rutinitas sehari-hari,"
Tabanan (ANTARA News) - Sebanyak 32 tim futsal putri dari sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali, mengikuti turnamen Kartini Cup III pada 15-19 April 2013.

"Turnamen futsal putri kali ini diharapkan mampu memasyarakatkan olahraga futsal, khususnya kepada kaum perempuan sekaligus mengurangi tingkat stres yang tinggi akibat rutinitas sehari-hari," kata Ketua Panitia Turnamen Kartini Cup, dr Ni Luh Gede Sukardiasih, di Tabanan, Senin.

Kejuaraan yang digelar di Lapangan Futsal Dukuh untuk memperingati Hari Kartini itu diikuti tim-tim yang mewakili satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkab Tabanan, Dharma Wanita, Tim Penggerak PKK, dan Bhayangkari.

"Sejak pertama kali digelar pada 2010, hingga kini peserta yang mengikuti turnamen futsal putri terus mengalami peningkatan. Ini membuktikan bahwa semangat dan antusias kaum perempuan untuk menunjukkan kesetaraan dalam segala bidang semakin tinggi," kata Sukardiasih.

Menurut dia, futsal memiliki banyak manfaat. "Selain tubuh menjadi sehat dan bugar, olahraga futsal juga mampu mengurangi stres akibat rutinitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga maupun abdi masyarakat," katanya.

Sementara itu Ketua Pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi Bali Gusti Gede Wirasana menganggap Kabupaten Tabanan sebagai satu-satunya daerah yang berhasil menggelar turnamen futsal khusus kaum perempuan itu.

"Tentu saja kami bangga karena baru di Tabanan ini ada kejuaraan futsal khusus perempuang," katanya.

Oleh sebab itu, dia mendorong Pengurus PSSI Kabupaten Tabanan memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap kaum perempuan muda yang gemar bermain futsal.

"Banyak potensi atlet berprestasi di Kabupaten Tabanan. Melalui turnamen inilah pengurus PSSI bisa memantau bibit atlet berprestasi," katanya.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menganggap turnamen Kartini Cup III berdampak positif dalam membangun dan mengembangkan aktivitas dan kreativitas kaum perempuan.

"Kegiatan ini pun mampu menunjang program pemerintah dalam bidang olahraga. Tumbuhkan semangat kebersamaan, sportivitas, dan kerja sama yang baik sehingga kinerja dan produktivitas meningkat demi mewujudkan Tabanan yang sejahtera, aman dan berprestasi," katanya. (KR-MDE/M038)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013