Mana jaket kamu? Saya akan menjadi ibu (kalian)
Washington (ANTARA News) - Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama pada Kamis berbagi ritual musim seminya di Washington, dengan menanam sayuran di kebun Gedung Putih, bersama sekelompok kecil murid kelas lima sekolah dasar.

Di tengah cuaca dengan catatan suhu terdinginnya telah menunda mekarnya bunga sakura, yang populer di kota itu, Michelle menyambut sekitar 30 pelajar, yang akan membantunya berkebun.

Michelle melakukan hal itu sebagai contoh bagi anak-anak dan orangtua untuk mengurangi obesitas.

"Mana jaket kamu? Saya akan menjadi ibu (kalian)," kata Michelle bercanda dengan sekelompok anak sekolah yang terlihat bersemangat.

Sebagian besar anak sekolah itu mengenakan kaos bertuliskan nama sekolah mereka di Florida, Massachusetts, Tennessee, dan Vermont.

Michelle telah membantu mendorong perubahan pada peraturan makan siang di sekolah yang seharusnya lebih banyak mengandung sayuran dan buah.

Sekolah-sekolah tersebut dipilih karena mereka telah menerapkan aturan baru dengan cara yang kreatif dan mulai dengan kebun mereka sendiri.

Michelle yang menyelesaikan pendidikannya di Harvard, lebih populer dalam jajak pendapat selama kampanye pemilihan umum 2012 dari kandidat yang lain, mulai berkebun di halaman bagian selatan Gedung Putih pada tahun 2009.

Itu kali pertama ada kebun sayur di Gedung Putih sejak era "kebun kemenangan" Eleanor Roosevelt selama Perang Dunia Kedua.

Michelle, yang mengenakan sepatu olahraga tanpa kaus kaki, mengabaikan sepasang sarung tangan berkebun warna hijau muda saat ia berjongkok di hadapan dua kotak tanaman. Dengan hati-hati ia menempatkan tunas gandum kecil ke tanah yang baru diolah.

Ariana Docanto (11) yang berasal dari Somerville, Massachusetts, mengobrol dengan Michelle saat ia membantu menanam gandum, yang diharapkan dapat dipanen dan digunakan untuk bahan roti dan risotto.

Docanto menggambarkan pengalamannya itu dalam satu kata, "menakjubkan!"

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013