...agar pengelolaan anggaran keuangan daerah lebih maksimal dan tanpa temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)."
Mamuju (ANTARA News) - Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Aladin S Mengga, memimpin tim pengendalian pengelolaan anggaran keuangan APBD Provinsi Sulbar tahun 2013.

"Pemerintah di Sulbar sangat berharap pengelolaan anggaran keuangan Sulbar tahun 2013 melalui APBD dapat berlansung maksimal sehingga pemerintah di Sulbar membentuk tim pengendalian anggaran," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, tim pengendalian anggaran APBD akan mengawasi secara lansung penggunaan yang dikelola pada sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Sulbar dipimpin langsung Wagub Sulbar Aladin S Mengga.

"Sudah dibentuk tim khusus untuk melakukan pemeriksaan secara khusus sejumlah SKPD di Sulbar agar pengelolaan anggaran keuangan daerah lebih maksimal dan tanpa temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," katanya

Menurut dia, sejumlah SKPD di Sulbar tidak boleh lagi dibiarkan tidak maksimal dalam melakukan pengelolaan keuangan daerah hanya karena administrasi dalam menggunakan anggaran.

"Sehingga mesti diawasi secara total karena pemerintah ingin pengelolaan anggaran maksimal dan dapat meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam mengelola anggaran," katanya.

Ia mengatakan, pembinaan kepada SKPD yang dianggap tidak maksimal melakukan pengelolaan anggaran sehingga penyerapan anggaran tidak maksimal juga akan dilakukan pengendali anggaran.

"Melalui badan badan kepegawaian daerah dan pendidikan latihan pejabat akan dipacu dan ditingkatkan kinerja serta profesionalismenya dalam bekerja agar lebih memahami pengelolaan anggaran dan maksimal melaksanakan tugasnya," katanya.

Sehingga anggaran pendapatan APBD Sulbar, yang pada tahun 2013 mencapai satu triliun, dapat maksimal digunakan memajukan pembangunan Sulbar. (MFH)

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013