Semarang (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah memasang jaringan WiFi di seluruh area publik di Kota Semarang, Jawa Tengah, yang sekarang sudah tersebar di 20 ribu titik.

"Sebanyak 20 ribu titik area publik di Kota Semarang sudah ter-cover WiFi dan targetnya se-Indonesia ada di 20 juta titik," kata Kepala Wilayah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Jawa Tengah Utara, Rosyidul Umam Aly, di Semarang Rabu.

Dengan sudah mencapai 20 ribu titik, Kota Semarang merupakan kota dengan jumlah titik WiFi Telkom terbanyak di Jawa Tengah, disusul kemudian Kota Surakarta.

Layanan WiFi di area publik itu, Telkom mengharapkan bisa melayani masyarakat dalam mengakses Internet sesuai konsep besar "smart city".

Koneksi WiFi itu dapat diakses gratis oleh pengguna layanan Telkom, sementara bagi pelanggan operator lain dikenakan tarid sesuai ketentuan.

Plt Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan tahun ini Pemkot Semarang akan menambah lima area publik berupa taman kota, yakni di wilayah Ngaliyan, Banyumanik, Tlogosari, Rejomulyo, dan bekas SPBU Pandanaran.

"Taman kota tersebut akan menambah ruang terbuka hijau di Kota Semarang dan bisa menjadi tempat berkumpul warga," kata Hendrar Prihadi.

Seluruh taman kota, tambah Hendrar Prihadi, akan dilengkapi fasilitas Wi-Fi sehingga masyarakat dapat mengakses Internet di tempat itu dan sekitarnya.

Rosyidul Umam Aly menambahkan layanan WiFi di Kota Semarang selain di taman kota termasuk Kawasan Lapangan Simpanglima, juga ada di rumah sakit, kampus, dan sekolah.

"Smart city ini adalah program nasional dan daerah lain juga menerapkannya," tambah Rosyidul Umam Aly.

(N008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013