Solo (ANTARA News) - Abdi dan sentono dalem Keraton Kasunanan Surakarta pada Rabu membagikan telur asing kepada warga di Bundaran Geladag, Jalan Slamet Riyadi, Solo, untuk menyambut peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW.

Dengan kawalan prajurit Prawiro Anom berbusana kebesaran, abdi dalem keraton yang mengenakan pakaian batik dan blangkon membagi-bagikan telur asin dan kinang kepada warga yang kebetulan melintas.

Menurut Wakil Pengageng Sasono Wilopo Keraton Kasunanan Surakarta KP Winarno Kusumo, mengatakan para abdi dalem membagikan sekitar seribu telur asin dan seribu kinang untuk menyambut peringatan Maulid Nabi pada Kamis (23/1).

"Telur asin dalam bahasa Jawa dikenal dengan ndok amal. Maknanya, kita ingin mengingatkan masyarakat untuk selalu beramal dengan ikhlas," katanya.

Sementara pemberian kinang, lanjut dia, dimaksudkan untuk mengajak masyarakat selalu mengingat Tuhan.

"Kinang itu kan isinya beragam, ada kapur sirih, daun sirih dan tembakau sehingga rasanya beragam. Ini melambangkan meski pahit getir kehidupan kita, kita harus tetap bersyukur dan mengingat Tuhan," katanya.

Seribu telur asin dan kinang abdi dalem habis terbagi dalam waktu kurang dari 30 menit dalam kegiatan yang pertama dilakukan Keraton untuk menyambut peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW itu.

(J005)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013