Aturan tersebut melengkapi SBDK di segmen lain yang sudah ada saat ini. Sebentar lagi akan keluar pada bulan ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) akan segera merilis aturan mengenai pengumuman suku bunga dasar kredit (SBDK) di segmen mikro pada Januari 2013, kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah.

"Aturan tersebut melengkapi SBDK di segmen lain yang sudah ada saat ini. Sebentar lagi akan keluar pada bulan ini," kata Halim Alamsyah saat ditemui wartawan di Kompleks Gedung BI, Jakarta, Jumat.

Menurut dia, lewat penerapan aturan SBDK mikro, BI berharap pengenaan suku bunga di segmen ini bisa berangsur turun, sehingga dapat membantu usaha mikro untuk mengembangkan bisnis.

Aturan SBDK sendiri telah dirilis sejak 8 Februari 2011, melalui Surat Edaran BI Nomor 13/5/DPNP tentang Transparansi Informasi SBDK, yang berlaku pada 31 Maret 2011, dengan masa transisi selama tiga bulan. Adapun aturan ini mewajibkan bank untuk mengumumkan SBDK di beberapa segmen, yakni korporasi, ritel, KPR dan non-KPR.

Adapun aturan yang dijadikan acuan dalam penerapan SBDK ini adalah Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/6/PBI/2005 tentang Transparansi Informasi Produk Bank dan Penggunaan Data Pribadi Nasabah.

Direktur Penelitian dan Pengaturan Perbankan Irwan Lubis mengatakan, bahwa pihaknya tengah mematangkan aturan SBDK mikro, yang ditargetkan bisa segera dikeluarkan pada bulan ini.

"SBDK mikro, Januari akan keluar. Detilnya nanti dijelaskan lebih lanjut," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, mengatakan sejak diterapkan SBDK, memang terjadi penurunan suku bunga sekitar 60 basis poin (bps) sampai 70 bps, pada periode Maret 2011 sampai Juni 2012.

"Dalam SBDK yang telah diumumkan oleh perbankan saat ini, dimana dicantumkan suku bunga dasar kredit korporasi, ritel, KPR dan non-KPR, belum terlihat secara implisit untuk suku bunga dasar kredit UMKM," kata Darmin Nasution, dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa.
(A063/M009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013