Jakarta (ANTARA News) - Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers di Jakarta, Kamis, menetapkan 18 calon anggota Dewan Pers periode 2013-2016 yang mewakili unsur wartawan, pimpinan perusahaan pers, dan tokoh masyarakat.

Menurut siaran pers dari BPPA Dewan Pers, calon anggota Dewan Pers dari unsur wartawan terdiri atas Heru Hendratmoko, Imam Wahyudi, Jamalul Insan, Marah Sakti Siregar, Margiono dan Nezar Patria.

Adapun calon dari unsur pimpinan perusahaan pers adalah Agung Adiprasetyo, I Made Karuna Ray Wijaya, Jimmy Silalahi, Judy Djoko Wahjono Tjahjo. M. Ridlo Eisy dan Sukarni Ilyas.

Sementara calon anggota Dewan Pers dari unsur tokoh masyarakat adalah Ade Armando, Agus Sudibyo, Bagir Manan, Ninok Leksono, Rustam Fachri Mandayun dan Yosep Adi Prasetyo.

BPPA Dewan Pers memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan tanggapan atau sanggahan terhadap calon-calon tersebut pada 6 Desember hingga 11 Desember 2012.

Tanggapan dapat dikirim melalui surat elektronik (surel) ke sekretariat@dewanpers.or.id atau surat tertulis ke Sekretariat BPPA Dewan Pers, Gedung Dewan Pers lantai 7, Jalan Kebon Sirih Nomor 32 - 34, Jakarta Pusat.

Dari 18 calon tersebut, BPPA Dewan Pers akan memilih dan menetapkan sembilan orang yang terdiri atas tiga orang wakil unsur wartawan, tiga wakil pimpinan perusahaan pers, dan tiga wakil tokoh masyarakat pada 12 Desember 2012.

Selanjutnya sembilan anggota Dewan Pers terpilih akan diajukan Ketua Dewan Pers periode 2010-2013, Bagir Manan, kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk ditetapkan sebagai anggota Dewan Pers periode 2013-2016.

Selama masa pembukaan pendaftaran pada 20 November - 5 Desember 2012, BPPA Dewan Pers menerima 38 pendaftar, dengan rincian 16 dari unsur tokoh masyarakat, sembilan dari unsur pimpinan perusahaan pers, dan 13 dari unsur wartawan.

(P003)

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012