Mataram (ANTARA) - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dijadwalkan menghadiri kegiatan puncak Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sekaligus meresmikan BLK Komunitas di Pondok Pesantren Manhalul Ma'rif Darek Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 9-10 Februari 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi mengatakan kunjungan Wakil Presiden (Wapres), KH Ma'ruf Amin ini dalam rangka Bulan K3 dan meresmikan BLK Komunitas di Pondok Pesantren Manhalul Ma'rif Darek Kabupaten Lombok Tengah.

"Jadi dalam kunjungannya ke NTB, Wapres juga akan menginap semalam, sekaligus melaksanakan Shalat Jumat di Lombok," ujarnya di Kantor Gubernur NTB di Mataram, Rabu.

Menurut Sekda, dalam kunjungannya tersebut Wapres akan didampingi Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah terkait Bulan K3 dan meresmikan BLK Komunitas tersebut.

Baca juga: Menaker luncurkan "Free TBC at Workplaces" di Bulan K3

Baca juga: Menaker ajak dunia usaha berperan kurangi kasus TBC di tempat kerja


"Terkait kunjungan Wapres ini, Pemprov NTB sudah siap," katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB sendiri mengintegrasikan puncak peringatan Bulan K3 Nasional dengan bursa kerja (job fair) hibrida yang digelar di Sirkuit Mandalika, pada 9-11 Februari 2023.

"Peringatan puncak Bulan K3 Nasional diisi juga dengan pelaksanaan job fair hibrida difasilitasi Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB I Putu Gede Putu Aryadi.

Menteri Ketenagakerjaan juga akan menghadiri puncak acara "Bau Nyale" (tangkap cacing laut) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sekaligus memastikan kesiapan sumber daya manusia ketenagakerjaan untuk menyambut dan menyukseskan World Superbike (WSBK) pada Maret 2023.

"Itulah sebabnya puncak K3 Nasional kita pusatkan di Sirkuit Pertamina Mandalika," ujarnya.

Aryadi menjelaskan, job fair adalah media untuk mempertemukan perusahaan dengan calon pekerja yang kompeten. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan perusahaan akan mendapatkan calon pekerja yang sesuai kebutuhan dan pencari kerja bisa menentukan posisi yang sesuai dengan kompetensi dan bakatnya.

Bursa kerja pada puncak Bulan K3 tersebut dilaksanakan secara hibrida, yaitu tatap muka (offline) dan daring (online), yang akan melibatkan lebih dari 40 perusahaan.

Adapun 40 perusahaan yang dihadirkan yaitu perusahaan menengah hingga besar, termasuk P3MI, perusahaan farmasi, hotel-hotel besar, perbankan hingga perusahaan kapal pesiar turut bergabung dalam bursa kerja tersebut.*

Baca juga: Kemnaker fokus penanganan TBC di tempat kerja untuk Bulan K3 Nasional

Baca juga: Vaksinasi "booster" bagian dari keselamatan dan kesehatan kerja

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023