Jakarta (ANTARA) - World Zakat and Waqf Forum (WZWF) mengajak lembaga-lembaga zakat dan wakaf sedunia untuk berperan aktif dalam membantu korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

"Menyerukan kepada semua negara anggota untuk mengatur dan memprioritaskan distribusi zakat dan dana sosial Islam lainnya untuk korban bencana di Turki dan Suriah," ujar Sekretaris Jenderal WZWF Zainulbahar Noor dalam konferensi pers yang diikuti dari Jakarta, Rabu.

Zainul mengatakan WZWF sebagai sebuah forum sinergi antara organisasi pengelola zakat, praktisi, akademisi, dan stakeholder zakat dan wakaf, memiliki perhatian dalam krisis akibat bencana gempa bumi yang terjadi di Turki dan Suriah.

Baca juga: Baznas RI instruksikan jajaran di daerah bantu korban gempa Turki

WZWF menyerukan kepada semua pihak, khususnya negara-negara anggota WZWF, untuk berdiri bersama dalam usaha memberikan bantuan darurat dan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang terkena dampak gempa bumi.

"WZWF mengajak seluruh organisasi zakat di seluruh dunia menunjukkan komitmennya untuk memberikan bantuan kepada korban gempa," kata dia.

Ia mengatakan dana zakat, infak, wakaf, dan sedekah dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan kesejahteraan sosial.

Baca juga: PCINU buka donasi untuk korban gempa di Turki

​​​​"Dengan demikian, sebagai lembaga zakat dan wakaf global, WZWF perlu mengambil tindakan dan menanggapi atas bencana tersebut," katanya.

Zainul juga menekankan prioritas bantuan bagi perempuan, penyandang disabilitas, orang tua, anak-anak, dan remaja yang seringkali terkena dampak yang paling besar dalam bencana alam.

"Terutama terkait kebutuhan-kebutuhan spesifik dan ditangani dengan tanggap dan cepat," kata dia.

Baca juga: Muhammadiyah kirim layanan medis bantu evakuasi korban gempa Turki

Sebelumnya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI sebagai anggota WZWF segera menerjunkan tim medis dan bantuan logistik bagi warga terdampak gempa di Turki dan Suriah.

Sebagai langkah awal, Baznas akan mendistribusikan bantuan sebesar Rp1 miliar. Nantinya bantuan itu akan bertambah dan ditargetkan mampu menghimpun dana zakat, infak, dan sedekah hingga Rp10 miliar.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023