Samarinda (ANTARA) - Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU) menyusul tiga wilayah di Provinsi Kalimantan Timur masuk zona hijau COVID-19, setelah pasien terkonfirmasi positif di wilayah tersebut telah dinyatakan sembuh, berdasarkan update kasus harian Satgas COVID-19 Kaltim, Rabu.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan saat ini ada sebanyak lima wilayah yang telah melepaskan diri dari kasus COVID-19 diantaranya, Mahakam Ulu, Paser, Bontang, Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Sementara lima wilayah lainnya, yakni Balikpapan, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau dan Samarinda masih berada di zona kuning karena adanya pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan.

"Pasien positif terbanyak berada di Balikpapan dengan jumlah 11 orang, Kutai Timur 8 orang, Samarinda 2 orang, Kutai Barat 1 orang dan Berau 1 orang," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Baca juga: Semua kecamatan di Kabupaten PPU Kaltim masuk zona hijau COVID-19

Baca juga: Samarinda beralih ke zona kuning COVID-19


Andi menegaskan pasien positif yang menjalani perawatan di Kaltim hanya tersisa 23 orang, dan sejumlah wilayah punya potensi menyusul ke zona hijau COVID-19.

"Kami mencatat ada tiga daerah yang bakal masuk zona hijau diantaranya Berau dan Kutai Barat yang hanya menyisakan satu pasien terkonfirmasi positif," kata Andi.

Dia menambahkan Samarinda, Balikpapan dan Kutai Timur awalnya juga sempat berstatus nihil kasus, namun usai Idul Fitri 1443 Hijriah, kembali ditemukan sejumlah pasien baru di wilayah tersebut.

"Secara umum perkembangan kasus COVID-19 di Kaltim sangat fluktuatif, terkadang ada tambahan kasus sembuh dan pada saat tertentu juga ditemukan kasus positif baru, namun dengan skala penambahan kasus yang kecil," kata Andi.

Andi terus mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dengan potensi penularan virus corona yang masih terjadi setiap harinya.

"Terus jaga kesehatan, aktif berolahraga dan tetap pelihara budaya lingkungan yang bersih agar terhindar dari penularan virus," kata Andi Muhammad Ishak.*

Baca juga: Mahakam Ulu masuk zona hijau COVID-19

Baca juga: Empat wilayah di Kaltim masuk zona hijau COVID-19

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022