saatnya kita mengapresiasi kinerja relawan yang telah bekerja sukarela melayani masyarakat
Yogyakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) mengapresiasi para relawan yang membantu pelayanan kesehatan selama arus mudik Lebaran 2022 dengan memberikan piagam penghargaan saat Peringatan Hari Palang Merah Dunia di Yogyakarta, Rabu.

"Alhamdulillah mudik berjalan lancar, masyarakat dapat dilayani dengan baik. Kini, saatnya kita mengapresiasi kinerja relawan yang telah bekerja sukarela melayani masyarakat," kata Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo.

Sesuai tema peringatan Hari Palang Merah Sedunia tahun 2022 yakni Be Human Kind, ia berharap penghargaan yang diberikan kepada relawan dari unsur PMI DIY itu dapat memberikan inspirasi, menggugah banyak orang tentang kepedulian, kemanusiaan, serta tentang menebar kebaikan.

Baca juga: PMI Yogyakarta siapkan 20 Pos Pelayanan Mudik Lebaran 2022

Torehan kenangan dan pengalaman Henry Dunant 159 tahun yang lalu dalam buku "A Memory of Solferino", kata dia, telah membidani lahirnya sebuah organisasi kemanusiaan berbasis kerelawanan.

"Aksi-aksi kemanusiaannya telah mewarnai dunia, baik saat perang, konflik, kebencanaan, krisis kesehatan, maupun krisis kemanusiaan maupun saat damai," kata dia.

Prabukusumo menuturkan relawan PMI bekerja tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, warna kulit, jenis kelamin, golongan, dan pandangan politik.

Baca juga: PMI DIY kirim bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru

Saat siaga Lebaran 2022, PMI DIY mendirikan 20 Pos Pelayanan Ambulans dan Pertolongan Pertama dengan menerjunkan 22 ambulans.

PMI, kata dia, juga menugaskan personel yang memiliki latar belakang medis paramedis maupun relawan yang mempunyai keterampilan pertolongan pertama.

Ketua Bidang Donor Darah PMI DIY dr. Suryanto menambahkan pelayanan darah PMI selama libur lebaran di DIY juga berjalan dengan baik dengan stok darah yang mencukupi.

"Stok darah saat lebaran mencukupi, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kepada pendonor darah yang berperan serta menjaga stok darah tetap aman saat libur lebaran tahun ini," ujar dia.

Baca juga: PMI DIY siagakan personelnya 24 jam selama Lebaran 2021

Baca juga: Polisi periksa sejumlah saksi terkait pengiriman darah ke Tangerang

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022