Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang pada sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) selama dua hari ke depan.

"Potensi hujan diperkirakan terjadi mulai siang hingga sore hari selama dua hari ke depan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Agastya Argha Candra dalam keterangan tertulisnya di Praya, Selasa.

Pada tanggal 24 Mei 2022 BMKG memperkirakan terjadi hujan di sebagian wilayah NTB di wilayah Kabupaten Lombok Barat dan Sumbawa Barat. Sedangkan Kabupaten Lombok Timur, Lombok Timur, Lombok Utara, Kota Mataram, Sumbawa, Dompu, Bima tidak ada hujan.

Selanjutnya pada hari Rabu tanggal 25 Mei, BMKG memprakirakan potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Kota Mataram, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima dan Dompu.

"Pada tanggal 25 Mei, rata-rata di sebagian wilayah Kabupaten/Kota di NTB berpotensi terjadi hujan," katanya

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan yang disertai dengan petir dan angin kencang yang dapat mengakibatkan banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

"Warga NTB pada umumnya kita imbau untuk tetap waspada saat terjadi hujan lebat," katanya.

Baca juga: BMKG: Dua hari ke depan wilayah NTB berpotensi hujan

Baca juga: BMKG prediksi musim kemarau di NTB mulai April 2022

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan di NTB pada akhir pekan

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022