Para awardee IISMA asal USU tersebut memastikan diri untuk mengenyam kuliah di berbagai perguruan tinggi terkemuka dunia
Medan (ANTARA) - Sepuluh mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) lolos seleksi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

"Para awardee IISMA asal USU tersebut memastikan diri untuk mengenyam kuliah di berbagai perguruan tinggi terkemuka dunia yang menjadi pilihannya, selama satu semester," kata Wakil Rektor I USU Edy Ikhsan, SH, MA, dalam keterangan tertulis di Medan, Minggu.

Edy menyebutkan tahun ini peserta dari USU meningkat dari lima penerima beasiswa (awardee) pada tahun sebelumnya, menjadi 10 awardee.

Baca juga: Akademisi USU: Pelonggaran aturan masker hanya di tempat tertentu

"Setiap peserta yang mengikuti seleksi dipilih berdasarkan kelayakan berkas, kemampuan bahasa Inggris, penilaian esai yang berisi motivasi, target dan tujuan, ekspektasi dan implementasi dari Program IISMA, serta tes kebangsaan," ucapnya.

Sementara, Ketua Tim Pelaksana Proses Seleksi dan Pendampingan Calon Awardee IISMA Untuk Internal USU 2022, Prof.Dr.Dwi Suryanto,M.Sc, mengatakan dengan banyaknya keikutsertaan mahasiswa USU dalam Program IISMA pada tahun ini akan membawa perubahan atmosfir akademik yang signifikan.

Baca juga: Pemkab Dairi-USU kerja sama pembuatan buku Ulos Silahisabungan

Dwi berharap sama terhadap program sejenis yaitu IIVOSMA, yang dikhususkan untuk mahasiswa Program Diploma.

"Program ini juga harus kita garap dengan serius.Tentu muara dari kegiatan ini nantinya adalah IKU 2 kita," ucapnya.

Sepuluh mahasiswa USU lolos IISMA 2022, yakni 1.Feilicia Garcia dari Prodi Ilmu Administrasi Bisnis, lolos The University of Sydney, Australia, 2.Fidella Novilya dari Prodi Ilmu Hukum, lolos ke National Taiwan University of Sciene and Technology, 3.Axel Beltazar dari Prodi Arsitektur, lolos ke IIT Bombay,India, 4.Sheryll Rania Faradilah Syauki dari Prodi Sastra Inggris, lolos ke Newcastle Univerisity, dan 5.Winnie Wisely dari Prodi Bahasa Mandarin, lolos ke National Taiwan University.

Kemudian, 6.Chloe Jane Pagett dari Prodi Arsitektur, lolos ke University of Waterloo, 7.Kania Alvira Kusnandar dari Prodi Sastra Inggris, lolos ke Univerdity of Pisa, 8.Ananda Ayya Shofia dari Fakultas Hukum, lolos ke University of Warsaw, 9. Shah Reza Pahlevi Harahap dari Fakultas Hukum, lolos ke Radbound University, 10.Eva Christine Tinambunan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, lolos ke University of Pecs.

Baca juga: USU ikuti pertemuan kerja sama Erasmus di Italia

Baca juga: 3.335 lulusan Universitas Sumatera Utara diwisuda secara hybrid

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022