Jakarta (ANTARA) - Co Chair G20 Empower Rinawati Prihatiningsih mengatakan side event kedua G20 Empower akan membahas isu tentang peranan perempuan dalam UMKM sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian.

"Kami memiliki salah satu isu pokok yang akan didiskusikan di pleno kedua malam ini yakni perempuan dalam UMKM sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian," kata Rinawati dalam 2nd Side Event dengan tema "Rebuilding Women's Productivity Post Pandemic" yang diikuti di Jakarta, Rabu.

G20 Empower merupakan salah satu working group pada Presidensi G20 Indonesia yang bertujuan mengakselerasi kepemimpinan dan pemberdayaan perempuan di sektor swasta.

Rina menambahkan acara ini juga akan mendiskusikan upaya membangun kembali produktivitas perempuan pasca-pandemi untuk meningkatkan dan menguatkan masyarakat.

Dia mengatakan tema side event ini selaras dengan target SDGs dan deklarasi G20 sebelumnya.

"Hal ini selaras dengan target SDGs di deklarasi G20 sebelumnya serta selaras dengan isi G20 Empower sebagai tindakan yang dimotori oleh aksi untuk meningkatkan dan mempercepat produktivitas perempuan pasca-pandemi," kata Rina.

Acara ini menghadirkan tiga keynote speaker dari kementerian yakni dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain itu akan diadakan juga sharing session dari perwakilan sektor swasta dan pemerintahan.

Pihaknya berharap acara ini dapat mengajak sektor swasta dan pelaku usaha untuk berpartisipasi dalam isu global dengan mengadopsi kebijakan yang mendukung kesetaraan gender di lingkungan kerja.

"Kami dengan tulus berharap bahwa event ini bisa berkontribusi terhadap diskusi lebih lanjut dan beragam aksi serta rekomendasi yang akan menyasar betapa sektor swasta dan pelaku usaha bisa berpartisipasi dan berkolaborasi dalam isu-isu global, bisa memiliki dampak besar terhadap perempuan dan untuk mengadopsi kebijakan yang akan relevan untuk mengatasi serta meminimalkan gap gender di tempat kerja serta di bidang kewirausahaan yang saat ini dihadapi oleh perempuan," katanya.

Baca juga: Teten: UMKM harus berkonsep rantai pasok agar bisa berkembang pesat
 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022