Kita harus tunjukkan sikap ramah sebagai tuan rumah, karena kongres ini dihadiri seluruh pemuda di Indonesia.
Ternate (ANTARA) - Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Pol Risyapudin Nursin menerjunkan ratusan personel di Kota Ternate dan Sofifi, Tidore Kepulauan untuk menjamin pelaksanaan Kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) XVI berjalan aman.

"Saya telah melakukan pengecekan di beberapa titik yang ada di Kota Ternate dan di Kota Tidore Kepulauan dalam rangka melihat langsung kesiapan personel dan sarana prasarana guna menyukseskan Kongres KNPI XVI tahun 2022 di Provinsi Malut," kata Kapolda Malut, didampingi beberapa pejabat utama melakukan pengecekan pos pengamanan, di pelabuhan semut dan pos pengamanan di pelabuhan Residence Kota Ternate, Senin.

Selain itu, Kapolda melaksanakan apel kesiapan di Pelabuhan Pemda, di Guraping, Kota Tidore Kepulauan guna memberikan arahan dan atensi kepada 470 personel Polda Malut dan bantuan anggota TNI dalam pengamanan Kongres KNPI XVI Tahun 2022 di Provinsi Malut.

Dalam arahannya, dia mengatakan bahwa ini merupakan kebanggaan bagi Maluku Utara karena pelaksanaan Kongres KNPI kali ini dilaksanakan di Maluku Utara tepatnya di dua Kota, yakni di Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan.

"Kita harus tunjukkan sikap ramah sebagai tuan rumah, karena kongres ini dihadiri seluruh pemuda di Indonesia," katanya pula.

Mengingat situasi cuaca yang tidak menentu, Kapolda meminta untuk seluruh personel memperhatikan faktor keamanan terutama di wilayah laut.

"Lakukan update perkembangan cuaca serta monitoring gelombang laut, dan berkoordinasi dengan pihak Basarnas dan BMKG," kata dia lagi..

Ia mengatakan bahwa sinergi
​​​TNI-Polri dan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk suksesnya acara ini.

"Setiap pergerakan peserta harus selalu dikoordinasikan petugas dengan panitia untuk keamanan dan kelancaran pelaksanaan kegiatan, dan ini merupakan event nasional sehingga dilakukan pengamanan dengan baik guna pastikan semua berjalan aman dan lancar.

Lebih lanjut, dia juga memerintahkan untuk melakukan patroli dan razia minuman keras, agar tidak ada kejadian-kejadian yang dapat mengganggu jalannya Kongres KNPI di Malut.

"Mari kita tunjukkan bahwa masyarakat Malut ramah dan siap mengawal dan mengamankan Kongres KNPI di Malut," ujarnya.

Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Michael Irwan Thamsil menambahkan, untuk menciptakan keamanan dan kelancaran harus ada keterlibatan semua pihak, baik itu masyarakat, peserta maupun personel pengaman yang ditugaskan.

"Mari kita tunjukkan kepada nasional bahwa Maluku Utara siap mengadakan event-event besar berskala nasional dan Internasional," ujar dia lagi.

Besar harapan kami dari pihak kepolisian, seluruh masyarakat bahu-membahu menunjukkan hal positif dari Malut, di depan perwakilan-perwakilan yang datang dari seluruh Indonesia.
Baca juga: 34 DPD dan 78 OKP sepakat Haris Pertama lanjutkan pimpin KNPI
Baca juga: Ryano Panjaitan terpilih jadi Ketua Umum KNPI pada Kongres XVI

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022