Ciamis (ANTARA News) - Seratusan rumah warga di dua Kampung Cintamaju dan Sukamaju, Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terendam banjir setelah hujan deras mengguyur, Selasa.

Salah seorang warga yang rumahnya terendam banjir, Tati (40), mengatakan bahwa banjir tersebut disebabkan hujan deras yang mengguyur daerahnya selama tiga hari berturut-turut.

Derasnya air hujan, sementara sungai tidak mampu menampung menyebabkan air hujan tidak mengalir sehingga menggenangi rumah warga setinggi lutut orang dewasa.

"Mulai banjirnya tadi Shubuh (Selasa) sekarang sebagian warga ada yang mengungsi ke dataran tinggi. Ada seratusan rumah yang terendam," kata Tati.

Warga lainnya, Royah Rohayah (45), mengatakan bahwa banjir yang datang secara tiba-tiba itu terpaksa harus mengamankan sejumlah perabotan rumah seperti alat elektronik dan peralatan dapur agar tidak tergenangi air.

Ia berharap bencana banjir tersebut mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah agar melakukan upaya mencari solusi sehingga tidak kembali terjadi banjir setiap turun hujan.

"Yang diselamatkan barang-barang, belum ada bantuan dari pemerintah, gak tahu kenapa," kata Royah.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Odang Ruhiyat mengaku belum mengetahui adanya bencana banjir melanda daerah Kecamatan Kalipucang.

Namun ia mengetahui berdasarkan catatan, daerah Kalipucang memang sering dilanda banjir setiap musim hujan.

"Kita belum mendapatkan laporannya, kita akan cari tahu dulu ke Camat Kalipucang, mudah-mudahan saja hanphone-nya aktif," kata Odang saat dihubungi melalui telepon selulernya.

(KR-FPM/Y003)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011