Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar Apresiasi Inovasi Indonesia 2011 sebagai upaya. untuk mendorong budaya inovasi di berbagai daerah di Indonesia.

"Apresiasi Inovasi Indonesia tahun 2011 ini merupakan salah satu apresiasi kepada pihak-pihak yang memiliki banyak jasa dan peran dalam rangka memperkuat Sistem Inovasi Nasional (SIN) pada tingkat daerah dengan menghasilkan produk-produk yang berinovasi," kata Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi, Tatang A. Taufik di Jakarta, Rabu.

Apresiasi ini dibagi dalam beberapa kategori yakni Innovating Regions Awards, Innovation Leadership Awards, Technopreneurship Awards, dan Greennovation Awards.

Innovating Regions Awards atau Apresiasi Daerah Berinovasi diberikan kepada kabupaten/kota yang berkomitmen dan berprestasi dalam mendorong kreativitas keinovasian.

Ada 15 finalis yang masuk dalam nominasi dari 25 daerah yang mendaftar pada Apresiasi Daerah Berinovasi dan Apresiasi Kepemimpinan Daerah.

Sedangkan kategori Technopreneurship Awards terdapat lima sub kategori yaitu UKM Inovatif Award, UKM Pemula Award, PI UMKM Inovatif Award, Inovasi Pemuda Award dan Technopreneur Awards.

Sedangkan nominasi Greennovation Awards antara lain kompor bahan bakar organik, evergreen, kolam terpal, inovasi plastik ramah lingkungan, hingga budidaya cacing.

Kepala BPPT Marzan Aziz Iskandar mengatakan, penyelenggaraan Apresiasi Inovasi Indonesia tahun 2011 ini dimaksudkan untuk memotivasi dan meningkatkan semangat para inovator kreatif di daerah dan tokoh pelopor.
(D009)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011