New Delhi (ANTARA News) - Lewis Hamilton menjadi pebalap tercepat pada sesi latihan bebas pertama Formula 1 Grand Prix India, Jumat.

Pada hari bersejarah bagi dunia otomotif di negara dengan penduduk terbanyak peringkat kedua di dunia ini, fasilitas senilai 450 juta dolar berupaya mendongkrak kebanggaan masyarakat lokal melalui kibaran bendera India menuju trek, lapor Reuters.

Mobil pertama yang keluar dari pit adalah mobil Force India, yang dikemudikan Adrian Sutil. Ia diikuti oleh pebalap cadangan Lotus India, Karun Chandhok. Kemudian menyusul pebalap kedua Force India, Paul di Resta, dan pebalap India, Narain Kathikeyan yang membela HRT.

Chandhok, yang tidak akan membalap pada Minggu, mendapat kehormatan untuk menorehkan catatan waktu perdana di sirkuit itu.

"Ini adalah momen penuh emosi bagi kami semua," kata pemilik Force India, Vijay Mallya.

"Ada banyak spekulasi mengenai kesiapan trek ini, dan ajang ini juga diliputi kontroversi akibat (masalah) yang terjadi pada Commonwealth Games, namun kami siap. Ini adalah trek hebat, dan para pebalap menyukainya."

Sesi pelatihan bebas ini sempat diganggu oleh lepasnya seekor anjing besar berwarna hitam ke trek lurus, salah satu dari bagian trek terpanjang di sirkuit ini. Hal ini terjadi sesaat sebelum sesi pelatihan akan dimulai.

Peristiwa berikutnya terjadi beberapa saat sebelum sesi pelatihan dimulai, yang membuat bendera merah harus dikibarkan karena alasan keamanan. Hal ini terjadi selama lima menit di saat anjing tersebut berkeliaran.

Hamilton mencatatkan waktu terbaiknya yakni satu menit 26,836 detik tepat di akhir sesi latihan. Hal ini membuat pasangan Red Bull, Sebastian Vettel dan Mark Webber, harus berada di posisi kedua dan keempat.

Vettel lebih lambat 0,580 detik. Sedangkan Webber mencatatkan 0,592 detik. Sementara pembalap McLaren Jenson Button, merupakan pebalap tercepat keempat.

Kedua titel musim ini, pebalap dan konstruktor, telah dikuasai Vettel dan Red Bull. Sehingga pada balap Minggu, pertarungan hanya terjadi antara pebalap-pebalap papan tengah untuk mengamankan poin-poin vital.

Hamilton yang mengenakan helm bergambar bintang Reggae Bob Marley, tampak jelas berupaya untuk menggagalkan Vettel meraih kemenangan ke-11nya musim ini. Meski demikian, terjadi kebingungan karena Hamilton mencatatkan lap tercepat di saat bendera kuning berkibar.

Pebalap Ferrari Fernando Alonso, tak bisa ikut menorehkan catatan waktu terbaik pada setengah jam terakhir, setelah mesin mobilnya mengalami kerusakan.

Pebalap Williams Pastor Maldonado juga mengalami masalah mesin. Asap sempat muncul dari bagian belakang mobilnya, sebelum kemudian petugas marshal memadamkan api yang muncul.

Banyak mobil pebalap dan helm mereka yang membawa logo dan nomor pebalap Inggris Dan Wheldon, serta pebalap Moto GP Marco Simoncelli. Kedua pebalap tersebut meninggal akibat kecelakaan di trek dalam dua pekan terakhir ini. (RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011