Jakarta 15-16 Oktober 2011

     Jakarta,16/10 (ANTARA)- Komunitas Sepeda Lipat Indonesia (Indonesia Folding Bike/Id-Folding Bike) menggelar Jambore Sepeda Lipat Nasional 2011 (Jamselinas 2011) untuk pertama kalinya di Indonesia. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, 15-16 Oktober 2011, di Vidi Arena, Hanggar, Pancoran, Jakarta Selatan.

     "Secara keseluruhan, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari teman-teman pesepeda lipat. masih banyak yang ingin pendaftaran  Terbukti hingga batas akhir mendaftar. Padahal, pendaftaran peserta dilakukan hanya melalui mailing list id-folding bike. Hingga sehari sebelum pelaksanaan acara jumlah yang sudah terdaftar adalah sebanyak 600 orang peserta. Mereka berasal dari Jabodetabek, Bandung, Tasikmalaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar," ungkap Mada Mubina, Ketua Panitia Jamselinas 2011.

     Lebih lanjut Mada menerangkan bahwa ide pelaksanaan Jambore awalnya berasal dari beberapa perwakilan komunitas yang bertemu dalam kegiatan bersepeda di kota Yogya pada bulan April 2011. Dan sejak saat itu, dibentuk suatu komite yang berisikan perwakilan komunitas dari seluruh Indonesia untuk mempersiapkan pelaksanaan Jambore dimana Jakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan.

     Jamselinas dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan komunitas pesepeda lipat untuk saling bersilaturahmi dan juga untuk turut mendorong semakin meluasnya penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang murah, sehat dan bersahabat dengan lingkungan. "Kami ingin meningkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan terhadap sesama para pengguna sepeda, baik itu seli maupun non-seli, di seluruh Tanah Air. Selain itu kami juga ingin menjadikan bersepeda sebagai salah satu alternatif alat transportasi yang dapat membentuk lingkungan hidup yang lebih sehat di masa mendatang," ucap Mada.

     Kegiatan utama dalam acara ini adalah bersilahturahmi di Vidi Arena, Hanggar Pancoran sebagai lokasi utama dan tempat berkumpulnya semua komunitas yang dilaksanakan pada hari Sabtu 15 Oktober, selain itu di lokasi acara juga akan diadakan pameran sepeda lipat, mulai dari BSA Paratrooper tahun 1943 hingga sepeda lipat modern yang banyak ditemui saat ini dimana sepeda lipat tersebut merupakan sepeda lipat yang dimiliki oleh anggota komunitas. Terdapat juga berbagai games seputar sepeda, bike clinic, stand pameran komunitas, talk show mengenai kesehatan dan lingkungan hidup hingga tak ketinggalan, wisata kuliner.

     Pada tanggal 16 Oktober 2011 pagi hari, akan dilaksanakan Jakarta Heritage Ride, yang akan melintasi jalur Jendral Sudirman, MH Thamrin hingga wilayah kota tua Jakarta, untuk menikmati suasana bersejarah kota Jakarta. "Sejarah tak boleh dilupakan, apa yang terjadi di masa lalulah yang menjadikan kita bisa menjadi seperti saat ini. Dengan bersepeda melintasi lokasi-lokasi bersejarah Jakarta ini, diharapkan kita dapat membangkitkan kembali rasa cinta kita terhadap sejarah," ucap Mada

     "Sampai saat ini sudah lebih dari 2.000 anggota yang bergabung dalam semua komunitas sepeda lipat di seluruh Indonesia dan banyak di antara mereka yang menggunakan sepeda lipat sebagai alat transportasi sehari-hari. Anggota komunitas sepeda lipat berusia mulai 6 hingga 65 tahun dengan berbagai jenis tipe, merek serta harga yang dimiliki. Sepeda lipat dipilih karena ukurannya yang ringkas sehingga lebih mudah untuk dibawa baik dengan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya," tutup Mada.
   
     Tentang Indonesia Folding Bike/Id-Folding Bike

     Indonesia Folding Bike Community (id-foldingbike) merupakan komunitas pengguna sepeda lipat Indonesia yang didirikan pada tahun 2007 melalui mailing list id-foldingbike@yahoogroups.com. Sejak pertama kali berdiri hingga saat ini, id-foldingbike berkembang hingga beranggotakan lebih dari 2.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan secaratidak langsung menjadi komunitas induk bagi komunitas sepeda lipat yang berada di kota-kota besar atau daerah di Indonesia antara lain Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Tasikmalaya, Solo, Semarang, Surabaya, dan Bali.

     Visi id-foldingbike adalah berpartisipasi aktif akan terciptanya lingkungan hidup yang sehat dengan bersepeda. Sedangkan misinya adalah memperkuat tali silaturahim, solidaritas, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan antara sesama pemilik sepeda lipat. Selain itu, juga berupaya mengembangkan dan mengkampanyekan penggunaan sepeda di semua kalangan sehingga dapat menjadi kendaraan alternatif untuk kegiatan sehari-hari dan menjadi pilihan gaya hidup secara terbuka dan moderat.

     Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi: Divisi Propaganda dan Media Akbar Ismail Telp : 0818823234 Email : akbar1910@yahoo.com

Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011