Mereka dibagi di beberapa titik, jalur pemberangkatan, asrama haji, dan bandara
Bandarlampung (ANTARA News) - Kepolisian daerah Lampung menyiagakan 110 personel untuk mengamankan keberangkatan jemaah haji asal Lampung mulai Sabtu (8/10) mendatang.

"Mereka dibagi di beberapa titik, jalur pemberangkatan, asrama haji, dan bandara," kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, di Bandarlampung, Jumat.

Menurut dia, para personel kepolisian itu berasal dari unsur satuan Sabara, serse, lantas, intel, dan brimob.

Pengamanan tersebut akan dilakukan oleh aparat kepolisian hingga 24 Oktober 2011 mendatang.

Sementara itu, Polresta Bandarlampung juga menurunkan tim khusus untuk pengamanan arus keberangkatan jemaah haji asal Lampung 2011.

Khusus pengamanan di asrama haji, Polresta Bandarlampung akan menyiagakan 12 personel dan di sepanjang jalur keberangkatan dari asrama ke Bandara Raden Intan disiagakan 15 personel.

Mereka akan bersiaga mengikuti jadwal pengamanan yang dibuat Polda Lampung, yaitu dari tanggal 8 hingga 14 Oktober 2011.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Abdurrahman melaporkan jumlah calhaj Lampung tahun 1432 Hijriyah yang telah melunasi biaya pemberangkatan haji mencapai 6.343 orang.

"Namun yang berangkat tahun ini juga sebanyak 6.230 orang. Sisanya berhalangan tidak bisa mengikuti rombongan tahun ini," kata Abdurrahman.

Bagi calon haji yang tidak berangkat, namun mereka telah melunasi biaya pemberangkatan akibat meninggal dunia atau halangan lainnya hingga tertunda pemberangkatannya.

Lebih lanjut dia mengatakan, calhaj Lampung terbagi dalam 14 kloter. Dengan masing-masing kloter berjumlah 450 orang.

"Pemberangkatan kloter pertama untuk Lampung kloter 11 akan diberangkatkan pada 9 oktober berjumlah 450 dari jamaah Lampung," kata dia.

Pemberangkatan berikutnya 10 Oktober untuk jamaah dari Lampung Utara dan Bandarlampung.

"Pemberangkatan akan dilakukan sampai pemberangkatan ke 14 yakni pada 24 Oktober yakni kloter 36," katanya. (*)

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2011