Bandarlampung (ANTARA News) - Anggota DPR Al Muzzammil Yusuf di depan ribuan kader Partai keadilan Sejahtera (PKS) Bandarlampung, mengatakan dengan saling memaafkan maka kehidupan manusia akan menjadi sukses.

"Kehidupan manusia akan menjadi sukses dan berkah bila kita saling memaafkan satu dengan lainnya," kata Muzammil, dalam tausiyah halal bi halal kader PKS, di Gedung Serba Guna Ragom Bandarlampung, Minggu.

Menurutnya, kesuksesan manusia dapat dilihat pada tiga momen kehidupan yaitu momen insani, momen ukhrawi dan momen duniawi. Kesuksesan tertinggi adalah ketika ketiganya maju berimbang. Momen insani seperti kelahiran, pernikahan dan kematian.

Momen ukhrawi atau orang Barat menyebutnya, momen ideologis seperti saat-saat manusia menemukan Tuhannya dan momen duniawi seperti ukuran kesuksesan pada pendidikan, harta benda, jabatan dan sebagainya.

"Dengan memaafkan jiwa manusia tergerak untuk melakukan banyak hal bagi dirinya sendiri, keluarganya dan orang lain hingga pada semuanya, hal-hal yang baik dengan tulus tanpa mengingat-ingat kesalahan orang lain. Saling memaafkan timbul dari ketaqwaaan," imbuhnya.

Ketaqwaan dapat diperoleh dengan lebih mudah dengan berjamaah atau bersama-sama. Jamaah yang syumul, jamaah yang membangun karakter individu, karakter keluarga da karakter politik. Karakter individu mendasari karakter berikutnya.

Hingga karakter pribadi yang kokohlah yang hanya bisa membawa pada keberhasilan. Tidak ada karakter yang kokoh tanpa dekat kepada Tuhan Yang Maha Benar.

Dalam halal bihalal yang bertema "`Tingkatkan Soliditas dan Produktivitas" itu dihadiri oleh ketua umum DPW PKS Lampung Gufron Azis Fuadi, Ketua DPD Bandar Lampung Syarif Hidayat ST, Yusuf Effendi dan lainnya, sekitar 500 kader PKS Bandar Lampung memenuhi kawasan belakang kantor DPW PKS Lampung dari pukul 08.00 hingga sekitar pukul 12.00 WIB.

Ketua panitia, Muchlas Bastari menyampaikan Halal Bihalal ini merupakan penutup program Ramadhan 1432 H/2011 DPD PKS Bandar Lampung.

Program Ramadhan dan Lebaran itu diantaranya, Buka Puasa bersama Pengurus DPC PKS se Bandar Lampung di 13 kecamatan bersama panti-panti asuhan, penyebaran spanduk ucapan Met Ramadhan dan Lebaran sebanyak 75 spanduk di titik keramaian di Bandar Lampung.

Dalam sambutannya, Gufron Aziz Fuadi mengapresiasi kader dan DPD PKS se Lampung atas pengorbanan dan produktivitasnya untuk masyarakat. Menurutnya, dengan bersilaturrahim dan Idul Fitri ini hendaknya dijadikan ajang evaluasi tahunan untuk diri kader, keluarga dan struktur partai.
(ANT-050/M027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011