Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis spesialis ganda campuran, Gloria Emanuelle Widjaja, bakal berpasangan dengan atlet muda PB Djarum, Dejan Ferdinansyah, setelah dipastikan berpisah dengan Hafiz Faizal yang sama-sama terdepak dari pemusatan latihan nasional PBSI.

Pengumuman ini telah disampaikan oleh klub yang menaungi Gloria, PB Djarum, melalui laman resminya, Jumat. Mereka bakal mulai mengarungi berbagai kejuaraan internasional pada musim 2022.

"Dejan/Gloria akan tetap bertanding seperti biasa. Kami dari tim dan pelatih akan memilih dan mempertimbangkan turnamen mana saja yang akan mereka ikuti. Harapannya mereka bisa lolos kualifikasi Olimpiade di Paris pada 2024 nati," kata Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin dalam laman resmi PB Djarum, Jumat.

Gloria dan Hafiz terdepak dari skuad pelatnas 2022 bersama dengan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavinati. Sebelumnya, pelatih ganda campuran bulu tangkis nasional, Nova Widianto, mengungkapkan sejumlah alasan terdepaknya kedua ganda campuran yang menjadi andalan Indonesia dalam berbagai ajang besar tersebut.

"Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria tidak di pelatnas tahun ini. Ada beberapa parameter, yang pasti dari prestasi satu dua tahun belakangan. Lalu faktor usia, berapa lama di pelatnas, dan terakhir soal karakter," kata Nova dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Praveen/Melati siap hadapi tantangan baru usai terdepak dari pelatnas

Dari segi prestasi, kedua pasangan belum bisa membuahkan hasil maksimal dan tidak memenuhi target pelatnas. Selain itu, kedua pasangan juga sudah cukup lama berada di Cipayung sehingga ada pertimbangan untuk memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk naik tingkat.

Dejan sebelumnya berpasangan dengan Serena Kani. Mereka mengikuti sejumlah ajang internasional, bahkan menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam kejuaraan dunia atau BWF World Championships 2021, Huelva, Spanyol.

Dejan adalah pebulu tangkis kelahiran Garut, 21 Januari 2000. Selain bersama Serena Kani, dia juga pernah berpasangan dengan Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Kini Dejan/Gloria dijadwalkan memulai perjalanan sebagai pasangan ganda campuran dalam turnamen di Eropa seperti Super 300 German Open (8-13 Maret), Super 1000 All England Open (16-20 Maret), dan Super 300 Swiss Open (22-27 Maret).

Baca juga: Terdepak dari Pelatnas, PB Djarum siapkan program untuk Praveen/Melati

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022