Purwakarta (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan kasus aktif harian COVID-19 di wilayah Karawang bertambah 31 menjadi 89 orang pada Jumat.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Karawang, Yayuk Sri Rahayu mengatakan jumlah warga yang terpapar COVID-19 saat ini meningkat.

Ia mengatakan, peningkatan kasus tersebut kemungkinan akibat adanya transmisi lokal varian Omicron. Sebab hingga kini sudah ada tiga warga Karawang terpapar varian Omicron.

Kondisi ketiga warga yang terpapar Omicron saat ini cukup baik dan relatif stabil, karena tidak ada penyakit penyerta.

Baca juga: Satgas: Dua warga Karawang terpapar varian Omicron transmisi lokal

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Karawang tersisa tiga orang yang dirawat


Sesuai dengan data pantauan COVID-19 Dinas Kesehatan Karawang, hingga Jumat ini, terjadi penambahan 31 kasus, sehingga jumlahnya mencapai 89 kasus.

Dari 89 kasus COVID-19 tersebut, sebanyak 22 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 67 orang lainnya isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

Sementara untuk jumlah total kasus COVID-19 di Karawang sampai saat ini mencapai 43.568 kasus. Rinciannya, 22 orang dirawat, 67 orang isolasi mandiri, 41.613 dinyatakan sembuh dan 1.866 orang meninggal dunia.

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Karawang, Fitra Hergyana mengingatkan agar warga Karawang tidak lengah dan tetap menjalani prokes. Karena saat ini varian omicron dapat menular dengan cepat.

"Saat ini ada tiga warga yang positif omicron. Kami imbau warga tidak lalai prokes," katanya.*

Baca juga: Karawang sebut sebelas warga masih jalani isolasi akibat COVID-19

Baca juga: Kasus kematian akibat COVID-19 masih terjadi di Karawang

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022