Lantamal VIII turut bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat, dengan memberikan vaksinasi untuk membentuk 'herd immunity' agar bisa sehat dan produktif kembali di masa pandemi yang belum berakhir
Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado dan jajaran terus menggiatkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak hingga lanjut usia (lansia).

"Lantamal VIII dan jajaran selalu eksis memberikan vaksin mulai anak sekolah dasar sampai lansia," kata Komandan Lantamal VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya dalam keterangan di Manado, Jumat.

Ia menjelaskan pada Kamis (27/1) jajarannya melaksanakan vaksinasi seperti di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo yang menggelar "Serbuan Vaksinasi" COVID-19 di SD Negeri 15 Kota Gorontalo.

Pada kegiatan itu dan berhasil memberikan vaksin kepada 47 orang dimana 12 orang menerima dosis pertama, sepuluh orang menerima dosis kedua dan 25 orang dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Moderna dan Pfizer.

Sementara itu bertempat di Jalan Ismail Bantilan Kelurahan Panasakan Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah "Serbuan Vaksinasi Maritim" yang digelar Lanal Tolitoli berhasil memberikan vaksinasi COVID-19 kepada 34 orang terdiri atas 10 orang menerima dosis pertama dan 24 orang dosis kedua dengan vaksin jenis Pfizer.

Selanjutnya vaksinasi rutin dilaksanakan Rumah Sakit TNI AL dr. Wahyu Slamet Bitung telah memberikan vaksin kepada 28 orang baik dosis pertama sampai ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Moderna.

Sedangkan Dinas Kesehatan Lantamal VIII memberikan vaksin kepada 15 orang baik yang menerima dosis pertama sampai ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Moderna.

Kemudian di Balai Pengobatan Lanal Melonguane berhasil memberikan vaksin kepada delapan orang yang menerima dosis pertama maupun kedua menggunakan vaksin Sinovac.

Begitu juga di Lanal Tahuna telah memberikan vaksin COVID-19 kepada tiga orang baik dosis pertama maupun kedua dengan Vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Danlantamal Ariwijaya mengatakan vaksinasi yang dilaksanakan merupakan perintah langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono guna membantu pemerintah dalam program vaksinasi nasional.

"Selain itu Lantamal VIII juga merasa bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat, khususnya yang berada di wilayah kerja dengan memberikan vaksinasi untuk membentuk 'herd immunity' agar masyarakat bisa sehat dan produktif kembali di masa pandemi yang belum berakhir," demikian I Wayan Ariwijaya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga digelar Lantamal VIII

Baca juga: "Serbuan Vaksinasi Maritim" digelar TNI-AL di Taman Kota Tolitoli

Baca juga: TNI AL vaskinasi COVID-19 masyarakat maritim di Minahasa Utara

Baca juga: Lantamal VIII gelar vaksinasi dosis kedua masyarakat maritim di Bitung

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022