Sekali lagi, saya akan menurunkan mereka yang benar-benar siap
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Borneo FC Fakhri Husaini menegaskan semua pemain mempunyai kesempatan untuk diturunkan pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021/2022 kontra Bali United di Stadion Gelora Ngurah Rai, Bali, Sabtu (29/1).

Penentuan pemain yang turun akan dilakukannya setelah melihat dari hasil latihan sampai menjelang pertandingan lawan Bali United.

"Tinggal bagaimana mereka menjalani latihan dengan maksimal dalam tim sampai jelang Bali United. Sekali lagi, saya akan menurunkan mereka yang benar-benar siap," kata Fakhri, dikutip dari laman resmi klub, Kamis.

Baca juga: Rifal berharap Fakhri bawa Borneo tingkatkan prestasi

Yang pasti, Fakhri memastikan semua pemain dalam tim, baik pemain muda, senior, asing dan lokal punya kesempatan sama.

Selama lima hari memimpin latihan skuad Pesut Etam, beberapa program serta pembenahan terus dilakukan Fakhri agar bisa meraih hasil maksimal kala bertemu Serdadu Tridatu, julukan Bali United.

Ada beberapa hal yang kini fokus dibenahi pelatih yang sukses membawa Aceh merebut medali perak di PON 2020 di Papua, salah satunya adalah fisik dan konsistensi pemain.

Fakhri ingin pemain punya kemampuan fisik bagus agar bisa menjalankan apa yang diinginkannya dalam permainan.

"Artinya, pemain bisa bermain konsisten selama 90 menit tanpa kedodoran. Ini sangat penting. Karena jika fisik terjaga, konsistensi permainan tak akan berubah," ujarnya.

Baca juga: Teco sebut peta kekuatan Borneo FC selalu mengejutkan

Selain aspek fisik, Fakhri juga ingin anak asuhnya cepat menyerap taktik dan strategi apa yang diinginkannya di setiap pertandingan.

Menurut dia, pemain harus tahu apa yang dilakukan saat sedang menguasai bola dan kehilangan bola baik saat di daerah permainan lawan maupun daerah sendiri.

"Artinya, transisi pemain sangat penting di aspek ini. Bagaimana mereka melakukan transisi positif dan transisi negatif saat kehilangan bola. Ini fokus yang saya beritakan kepada pemain dalam beberapa hari latihan saat ini," kata mantan Kapten Timnas Indonesia tersebut.

Mengenai adaptasinya dengan pemain, Fakhri mengaku tak ada masalah karena sebagian besar pemain sudah dikenalnya, termasuk manajemen tim.

"Semua (adaptasi) berjalan dengan baik dan saya pikir ini akan terus meningkat. Mudah-mudahan saja kami bisa meraih hasil bagus nantinya," pungkas Fakhri.

Baca juga: Fakhri Husaini berharap dapat beradaptasi dengan cepat di Borneo FC

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022