Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan telah merilis perbaikan untuk bug yang sebelumnya mengacaukan sinkronisasi aplikasi yang ada di gadget pengguna Apple dengan iCloud.

Masalah bug itu ditemukan Apple ternyata berada di backend CloudKit dan setelah satu kuartal berlalu akhirnya Apple menyelesaikan permasalahan itu.

Mengutip The Verge, Kamis, Apple tidak merinci dengan tepat permasalahan yang ditemuinya.

Namun Apple menjelaskan bahwa ada pembatasan permintaan dari penyedia aplikasi pihak ketiga yang akhirnya memengaruhi pengguna dalam menghubungkan aplikasinya ke layanan iCloud.

Sebenarnya masalah sinkronisasi yang kacau dari satu aplikasi ke layanan iCloud sudah dilaporkan oleh para pengguna gadget Apple sejak November 2021.

Pengembang aplikasi pun mencatat bahwa para pengguna layanan mereka selalu menerima notifikasi “Permintaan gagal dengan kode status HTTP 503” saat mencoba melakukan sinkronisasi dengan iCloud.

Para pengembang itu pun berkoordinasi dengan Apple sehingga akhirnya ditemukan masalah sebenarnya berasal dari CloudKit.

Membutuhkan waktu yang tidak sebentar memang, namun pengguna kini bisa kembali melakukan sinkronisasi layanan aplikasi dengan iCloudnya.

Baca juga: Foto di iCloud akan dideteksi soal kekerasan anak

Baca juga: iCloud sempat "down" hapus aplikasi di perangkat macOS dan iOS

Baca juga: Apple akan perketat keamanan iCloud
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022