Tahun lalu penyerapan gabah/beras petani lokal melebihi dari 100 persen, atau tepatnya 113 persen dari target yang diberikan kantor pusat Bulog.
Makassar (ANTARA) - Perum Bulog Kantor Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) menargetkan penyerapan gabah/beras petani tahun 2022 sebesar 264.500 ton setara beras.

"Kami sangat optimistis bisa menyerap gabah, beras petani lokal sesuai target tahun ini dengan kualitas yang telah ditetapkan dalam Permendag nomor 24 tahun 2020," kata Pimpinan Wilayah Perum Bulog Sulselbar, H Bahtiar AS di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Ia menjelaskan, realisasi pengadaan gabah/beras Bulog Sulselbar, pada tahun 2021 telah mencapai 342.294 ton setara beras atau melewati dari target yang diberikan pemerintah sebanyak 303.000 ton setara beras.

Tahun lalu penyerapan gabah/beras petani lokal melebihi dari 100 persen, atau tepatnya 113 persen dari target yang diberikan kantor pusat Bulog.

Untuk penyerapan pengadaan gabah/beras petani lokal, segera dilakukan mengingat pada Februari 2022 sudah ada panen, namun sifatnya masih spot kecil di beberapa lokasi seperti Kabupaten Polewali Mandar dan Sidrap bagian Timur. Puncak panen diperkirakan pada akhir Maret-April.

Selain itu, tujuan dari penyerapan beras, kata dia, untuk pemenuhan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang akan digunakan untuk penyaluran bencana alam, golongan anggaran, TNI, Polri dan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) serta sebagai bufferstock.

Adapun strategi dalam mengoptimalkan penyerapan pengadaan gabah/beras, tambah Bahtiar, dengan meningkatkan kualitas mitra kerja melalui pola seleksi mitra pengadaan terpusat dan setempat.

"Termasuk penerapan pola kontrak reguler dan kontrak jangka panjang bertarget sehingga kami sangat optimis untuk tahun ini target 264.500 ton bisa kami capai, bahkan dapat melampaui dari target tersebut," tutur mantan Kepala Perum Bulog Kanwil Riau-Kepri ini menambahkan.

Saat ini kantor Perum Bulog Kanwil Sulselbar terdiri delapan Kantor Cabang, empat Kantor Cabang Pembantu dan 55 Kompleks Pergudangan yang tersebar di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.
Baca juga: Bulog Sulselbar telah serap gabah petani 224.563 ton
Baca juga: Bulog: Stok beras Sulselbar melimpah hingga 40 bulan
Baca juga: Realisasi pengadaan beras Bulog Sulselbar diatas 18 ribu ton

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022