Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kanada memutuskan untuk menarik anggota keluarga diplomat-diplomatnya yang berada di Ukraina di tengah kekhawatiran atas potensi konflik antara Ukraina dan Rusia.

Pernyataan tentang penarikan para keluarga diplomat Kanada dari Ukraina itu  disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Kanada pada Selasa (25/1).

"Akibat peningkatan kekuatan militer Rusia yang sedang berlangsung dan kegiatan destabilisasi di Ukraina dan sekitarnya, kami memutuskan untuk melakukan penarikan sementara anak-anak staf kedutaan Kanada yang berusia di bawah 18 tahun dan anggota keluarga yang menemani mereka," kata pernyataan Kemenlu Kanada itu.

Pada Senin (24/1), pemerintah Kanada memperbaharui imbauan perjalanannya yang menyarankan semua warga Kanada yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk meninggalkan Ukraina.

Keputusan penarikan itu diambil oleh pemerintah Kanada setelah Amerika Serikat dan Inggris mulai menarik staf kedutaan dan diplomatik dari Ukraina akhir pekan lalu, di tengah meningkatnya kekhawatiran akan potensi konflik Rusia-Ukraina. 
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2022