Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (25/1), mulai dari Indonesia-Singapura sepakati perjanjian ekstradisi, hingga Mendagri terbitkan instruksi perpanjangan PPKM Jawa-Bali.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Indonesia-Singapura sepakati perjanjian ekstradisi

Pemerintah Indonesia dan Singapura menyepakati perjanjian ekstradisi antara kedua negara.

"Untuk perjanjian ekstradisi, dalam perjanjian yang baru ini masa retroaktif diperpanjang dari semula 15 tahun, menjadi 18 tahun sesuai dengan pasal 78 KUHP," kata Presiden Jokowi di The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (25/1).

Selengkapnya baca di sini.

KSP: PTM 100 persen tetap berjalan dengan pengawasan ketat

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan RI Abetnego Tarigan mengatakan pemerintah memastikan tetap melanjutkan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen, dengan pengawasan ketat dan memprioritaskan kesehatan anak.

"Tentu kesehatan peserta didik menjadi prioritas, dan KSP akan mendorong satuan unit pendidikan melalui kementerian/lembaga terkait untuk melakukan pemeriksaan surveillance terhadap warga sekolah secara acak dan rutin. Ini butuh kerja sama antara sekolah, dinas pendidikan, dan dinas kesehatan," ujar Abetnego melalui siaran pers yang diterima, di Jakarta, Selasa (25/1).

Selengkapnya baca di sini.

Kasad: Pelantikan Pangkostrad pekan depan

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan pelantikan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad pada pekan depan.

"Pelantikan Pangkostrad akan dilakukan bersamaan dengan Pangdam IX/Udayana dan pangdam lainnya. Direncanakan pelantikannya pada hari Senin (31/1)," kata Kasad usai memimpin Apel Gelar Pasukan jajaran TNI AD wilayah Jabodetabek di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (25/1).

Selengkapnya baca di sini.

Riset CSIIS temukan nama capres pilihan warga NU

Riset Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) menemukan sejumlah nama calon presiden yang menjadi pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU).

Direktur Ekskutif CSIIS, Moh Sholeh Basyari, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (25/1), menjelaskan, hasil riset itu menemukan tiga nama, yakni Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Ganjar Pranowo.

Selengkapnya baca di sini.

Mendagri terbitkan instruksi perpanjangan PPKM Jawa-Bali

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan instruksi perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa dan Bali.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA dalam keterangan Pers, di Jakarta, Selasa (25/1), mengatakan Kemendagri mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang PPKM yang tertuang dalam Inmendagri Nomor 05 Tahun 2022 untuk PPKM Jawa-Bali.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022