Jusuf Kalla dapat disebut sebagai mentor politik Anies.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Paramadina A. Khoirul Umam di Jakarta, Senin, menilai NasDem berusaha menjadikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai investasi politiknya menjelang Pemilu Presiden 2024.

Umam berpendapat bahwa Anies dapat membantu NasDem mempertahankan elektabilitas partai di tengah renggangnya hubungan antara Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Umam menyampaikan pendapatnya itu saat menanggapi kunjungan Anies ke Makassar bersama sejumlah petinggi NasDem, Sabtu (22/1).

"NasDem berusaha menjadikan Anies sebagai investasi politik untuk meraup efek ekor jas (coat tail effect) guna mempertahankan elektabilitas partainya," kata Umam sebagaimana dikutip dari pesan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Umam mengamati tingkat elektabilitas NasDem menurut sejumlah hasil survei dalam beberapa waktu terakhir mengalami penurunan atau koreksi tajam.

"Itu terjadi kemungkinan karena renggangnya hubungan Surya Paloh dan Megawati, serta tidak adanya sosok menjual di NasDem yang dapat diusung dalam kontestasi politik nasional," kata Umam.

Oleh karena itu, Umam menilai NasDem agresif mengawal Anies demi mempertahankan suara partai pada tahun 2024.

"Gayung bersambut karena Surya Paloh memiliki komunikasi baik dengan Jusuf Kalla. Anies sendiri belum memiliki partai pendukung yang riil," kata Umam.

Jusuf Kalla, kata dia, dapat disebut sebagai mentor politik Anies.

Oleh karena itu, kunjungan Anies ke Makassar, meskipun itu dalam kapasitasnya sebagai Gubernur DKI, tetap memiliki muatan politik.

Kunjungan bernuansa politik di Makassar, menurut Umam, dapat dimaknai sebagai usaha sosialisasi dan konsolidasi awal basis dukungan di Sulawesi dan Indonesia Timur secara umum.

"Tentu nuansa politik calon presiden masih dia minimalkan karena bisa bertabrakan dengan fatsun politik dan tupoksinya sebagai gubernur aktif. Tetap, upaya penggalangan dukungan itu sudah mulai tampak sinyalnya," kata Umam.

Anies pada hari Sabtu (22/1) menghadiri acara Masyarakat Sulawesi Selatan Menyambut Anies Baswedan di Makassar.

Anies menghadiri acara itu bersama sejumlah petinggi NasDem di Makassar, di antaranya Ketua DPD NasDem Makassar Sulsel A. Rachmatika Dewi, Sekretaris DPW NasDem Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif, Wakil Ketua DPW NasDem Sulsel Rudianto Lallo, Wakil Ketua DPW NasDem Sulsel Andi Irwan Jabir, Ketua Garda Pemuda NasDem Sulsel A. Troy Martino, dan Wakil Ketua DPW NasDem Sulsel Mustaqim Musma.

Baca juga: Pengamat: Strategi politik identitas PSI dapat jadi bumerang

Baca juga: Anies Baswedan tegaskan Jakarta tetap pusat perekonomian

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022