Jakarta (ANTARA) - Berbagai informasi perkotaan hingga kriminal yang menarik di DKI Jakarta, dimonitor, direkam, kemudian disiarkan oleh tim redaksi Metropolitan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (23/1) dan masih layak dibaca untuk mengisi waktu hari Senin ini.

Informasi-informasi yang menarik untuk diulas kembali hari Senin ini, mulai dari informasi mengenai konvoi mobil sport yang menyebabkan kemacetan di jalan tol, hingga Mal Of Indonesia (MOI) yang diberi sanksi akibat melanggar ketentuan protokol kesehatan, serta informasi lainnya.

Adapun rangkuman berbagai informasi perkotaan dan kriminal di Jakarta yang disiarkan ANTARA pada Minggu (23/1) adalah:

1. Sopir truk tewas di tempat setelah tabrak truk sedang berhenti

Jakarta (ANTARA) - Sopir truk berinisial Y tewas di tempat setelah "light truck" yang dikemudikannya menabrak bagian belakang "dump truck" berisi muatan yang sedang berhenti karena mengalami pecah ban di tepi jalan Gatot Subroto Jakarta, Minggu sekitar pukul 04.30 WIB.

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Arga Dirja Putra, melalui keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu, mengatakan, kejadian tersebut berawal dari kendaraan "light truck" yang dikemudikan Y melaju dari arah barat menuju ke timur di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Selengkapnya di sini.

2. Sebabkan kemacetan, Polisi tertibkan konvoi mobil sport di Tol Andara

Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menertibkan konvoi mobil sport yang menyebabkan kemacetan di Jalan Tol Andara KM 02.400, Jakarta Selatan.

Kepala Satuan Polisi Jalan Raya Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Sutikno saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, mengatakan bahwa pihaknya menegur para pengendara itu sekitar pukul 10.45 WIB.

Selengkapnya di sini

3. DPRD dorong revitalisasi pelabuhan untuk pariwisata Kepulauan Seribu

Jakarta (ANTARA) - Komisi B DPRD DKI Jakarta mendorong Dinas Perhubungan (Dishub) merevitalisasi pelabuhan sebagai sarana infrastruktur menuju ke Kepulauan Seribu, guna meningkatkan sektor pariwisata.

"Saya kira perlu untuk revitalisasi pelabuhan, sehingga Jakarta yang merupakan Ibu Kota bisa mengandalkan Pulau Seribu sebagai maskot pariwisata. Maka memang transportasi ke sana harus bagus," ujar Anggota Komisi B DPRD DKI Taufik Zoelkifli dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

4. Pemprov DKI ajak masyarakat kelola sampah dengan "eco enzyme"

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Komunitas Eco Enzyme Nusantara Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) mengajak warga merawat lingkungan dengan mengelola sampah menggunakan metode "eco enzyme.

"Kerja sama dengan komunitas Eco Enzyme Nusantara ini merupakan bentuk kolaborasi Pemprov DKI dengan masyarakat yang sejalan dengan program KSBB Persampahan, yaitu gerakan bantu sesama yang mempertemukan kolaborator dengan masyarakat terkait dalam kegiatan pengelolaan sampah untuk mewujudkan Jakarta yang bersih, sehat dan lestari,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

5. MOI dijatuhi sanksi tertulis karena langgar prokes

Jakarta (ANTARA) - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta menjatuhkan sanksi berupa teguran tertulis kepada manajemen Mall of Indonesia (MOI) Jakarta Utara karena lalai menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan ajang Animetoku pada 22-23 Januari 2022.

"Atas segala bentuk pelanggaran yang dilakukan baik pelaku usaha atau pihak mana pun, kami tidak segan untuk menindak sesuai kebijakan yang berlaku," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

6. Pemprov DKI perkuat tanggul dan siagakan pompa di Kali Semongol

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperkuat tanggul dan menyiagakan 12 unit pompa apung serta lima unit pompa bergerak di Kali Semongol di Jakarta Barat guna mencegah banjir akibat gelombang laut pasang maupun hujan deras.

"Kami melakukan penguatan tanggul kali sebagai upaya menanganinya,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta,
Yusmada Faizal melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022