Dengan JWA 2011 masyarakat kita sadarkan untuk cinta lingkungan dan mencintai keindahan alam sekaligus berolah raga.
Yogyakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (Dispar DIY)  akan menyelenggarakan kegiatan wisata tahunan yaitu Jelajah Wisata Alam 2011 di wilayah Kabupaten Bantul, yang rencananya berlangsung Minggu, 3 Juli.

Ketua Pelaksana kegiatan Jelajah Wisata Alam (JWA) 2011 Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Mohammad Haliem di Yogyakarta, Jumat mengatakan kegiatan wisata JWA ini sudah menjadi kalender kegiatan wisata tahunan yang digelar Dispar DIY.

"Sebanyak 1500 peserta ditargetkan akan mengikuti acara JWA 2011 yang akan menempuh jarak perjalanan sekitar tujuh kilometer.Setiap tahun kegiatan wisata JWA selalu digelar dan tempatnya berpindah- pindah, dan tahun ini giliran lokasinya di wilayah Kabupaten Bantul," katanya.

Menurut Haliem kegiatan JWA 2011 akan mulai pukul 08.00 WIB dengan mengambil start dan finish di Dermaga Perahu Wisata Desa Wisata Trimulyo, Kabupaten Bantul.

"Seperti halnya penyelenggaraan tahun sebelumnya, kegiatan Jelajah Wisata Alam 2011 juga digelar di desa wisata yaitu Desa Wisata Trimulyo, Bantul,"katanya.

Menurut dia kegiatan wisata tahunan ini digelar dengan tujuan untuk membangkitkan minat masyarakat mengetahui beberapa lokasi objek wisata yang potensial untuk dikunjungi di wilayah DIY, termasuk desa wisata.

Sedangkan Desa Wisata Trimulyo dipilih untuk ajang JWA 2011 karena memiliki potensi wisata yaitu susur sungai Opak yang layak dikembangkan untuk tujuan wisata di daerah ini.

"Dengan JWA 2011 masyarakat kita sadarkan untuk cinta lingkungan dan mencintai keindahan alam sekaligus berolah raga," kata Haliem.

Ia mengatakan dalam kegiatan wisata tahunan ini pannitia menyediakan hadiah dan door prize antara lain dua uni sepeda motor, empat unit TV berwarna, lima buah handphone, tiga radio tape, tiga unit sepeda gunung, dan tiga kipas angin.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti kegiatan itu dapat mendaftarkan diri di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi DIY Jalan Malioboro 56 Yogyakarta.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011