Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari pasien 276 pasien Omicron di Indonesia sudah sembuh hingga pembelajaran tatap muka (PTM) dihentikan sementara jika ditemukan klaster penularan COVID-19. Berikut berita-berita tersebut :
 

1.Pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi keagamaan mulai Februari
 

Kementerian Agama merilis jadwal pendaftaran calon mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui dua jalur seleksi masuk, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) yang akan dimulai pada Februari.
 

"Proses pendaftaran jalur SPAN-PTKIN dilaksanakan mulai Februari hingga April 2022. Daftar program studi dan daya tampung SPAN-PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.span-ptkin.ac.id," ujar Ketua Panitia SPAN UM PTKIN, Imam Taufiq dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.
 

2. 276 pasien Omicron di Indonesia sudah sembuh
 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro melaporkan sebanyak 276 pasien COVID-19 varian Omicron di Indonesia telah dinyatakan sembuh hingga Jumat (14/1).
 

"Sampai tanggal 18 Januari 2022, pasien COVID-19 Omicron sudah diketahui berjumlah 882 orang, di mana sampai tanggal 14 Januari kemarin diketahui sebanyak 276 selesai isolasi dinyatakan sembuh," kata Reisa Broto Asmoro saat menyampaikan keterangan pers yang diikuti dari YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu siang.
 

3. Ahli: Perlu bangun ruang berlindung di rumah antisipasi ancaman gempa
 

Peneliti dari Pusat Riset Geoteknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Eko Yulianto mengatakan masyarakat perlu siaga terhadap ancaman gempa, karena Indonesia rawan gempa dengan cara membangun ruang berlindung atau ruang aman di rumah.
 

"Ruang aman ini bisa benar-benar ruangan seperti kamar tidur atau kamar mandi yang struktur bangunannya sudah diperkuat, sehingga tidak mudah runtuh ketika terjadi gempa," kata Eko saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.
 

4. Menkes: Kasus harian COVID-19 di Indonesia meningkat menjadi 1.400
 

Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin, mengatakan saat ini terjadi kenaikan kasus harian COVID-19 di Indonesia, mencapai 1.400 kasus.
 

"Untuk kasus yang terbanyak berada di Jakarta. Namun, untuk Kalbar masih belum ditemukan," kata Budi saat melakukan pantauan kegiatan vaksinasi di Kubu Raya, Provinsi Kalbar, bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Rabu.
 

5. PTM dihentikan jika ditemukan kasus COVID-19
 

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mengatakan pembelajaran tatap muka (PTM) dihentikan sementara jika ditemukan klaster penularan COVID-19.
 

“Berdasarkan SKB empat menteri, PTM terbatas dihentikan sementara jika sekurang-kurangnya 14 kali 24 jam apabila terjadi klaster penularan COVID-19 di satuan pendidikan tersebut, lalu angka 'positivity rate' di atas lima persen, dan warga satuan pendidikan yang masuk dalam notifikasi kasus hitam di atas lima persen,” ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR yang dipantau di Jakarta, Rabu.
 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022