mampu melayani sejumlah kunjungan kapal cruise
Surabaya (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 memastikan Terminal Penumpang Gilimas siap menyambut kunjungan wisatawan dan juga calon penonton yang akan menyaksikan MotoGP Mandalika 2022, di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki di Surabaya, Rabu mengatakan, Terminal Penumpang Gilimas yang berada di area Pelabuhan Lembar, Lombok Barat Nusa Tenggara Barat merupakan pintu masuk bagi wisatawan di Lombok, dan hanya berjarak sekitar 50 KM atau kurang lebih 1 jam dengan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika tempat perhelatan MotoGP Mandalika.

"Dengan jarak yang tidak terlampau jauh itu, bisa menjadi salah satu alternatif dan pilihan menarik sebagai pintu masuk wisatawan dan juga calon penonton Moto GP Mandalika 2022 yang rencananya akan dihelat bulan Maret nanti dari jalur laut," katanya.

Baca juga: Menhub cek kesiapan operasi dermaga dan terminal Gilimas
Baca juga: Pelindo III mulai bangun dermaga Terminal Gilimas, pelabuhan terbesar di KTI

Ia mengatakan, Pelindo Regional 3 telah membangun dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut Moto GP Mandalika 2022, seperti fasilitas memadai sebagai terminal penumpang untuk kunjungan kapal dalam negeri atau Cruise.

"Dengan luasan mencapai 4.884 M2, Terminal Gilimas mampu menampung penumpang hingga 1.500 orang. Selain itu memiliki dermaga dengan panjang 440 M dan kedalaman kolam mencapai -12 LWS yang terbukti telah mampu melayani berbagai kapal Cruise seperti Sun Princes, Aida Vita, Pacific Explorer hingga yang terakhir adalah Vasco Da Gama," kata Ardhy.

Ia mengatakan, keberadaan Terminal Penumpang Gilimas diharapkan mampu mengurangi beban Pelabuhan Lembar, dan mendukung konektivitas transportasi dari dan menuju lombok.

"Kami telah terbukti mampu melayani sejumlah kunjungan kapal cruise di Terminal Gilimas, tercatat sejak 2019 ini ada 12 kunjungan kapal, ini menjadi bukti bahwa Terminal Gilimas telah siap secara teknis melayani para wisatawan yang akan datang menyaksikan gelaran Moto GP Mandalika," katanya.

Baca juga: Jatim siap bersinergi bersama NTB kembangkan UMKM untuk MotoGP
Baca juga: Khofifah puji keindahan Sirkuit Mandalika Lombok Tengah

Kepala KSOP Kelas III Lembar, R Pradigdo mengatakan, Terminal Gilimas menjadi salah satu alternatif pintu masuk wisatawan, seiring rencana pemerintah yang meninterkoneksikan berbagai fasilitas transportasi untuk menunjang peningkatan potensi wisata di Indonesia.

Pradigdo mengatakan, dengan reputasi beberapa kali melayani kunjungan Kapal Cruise, menandakan Terminal Gilimas siap secara teknis menerima wisatawan yang akan menyaksikan perhelatan balap motor terbesar di dunia tersebut.

"Kami siap mendukung pariwisata dan pengembangan obyek pariwisata skala prioritas di Mandalika dengan menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan yang memadai, Kami selalu memastikan keselamatan dan kelayakan dermaga untuk sandar dan akan melakukan pengecekan sebelum kapal-kapal sandar," katanya.

Baca juga: Kapal Pinisi dan Pelni jadi hotel terapung dukung MotoGP Mandalika

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022