seluruhnya infrastruktur telah selesai
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memastikan persiapan Analog Switch Off (ASO) tahap pertama sudah mencapai 100 persen dari segi infrastruktur.

Meski demikian, terkait mekanisme sosialiasi serta distribusi set-top-box (STB) kepada rumah tangga miskin masih dalam kajian bersama para penyelenggara multipleksing yang sudah terpilih.

“Untuk tahap satu ASO, seluruhnya infrastruktur telah selesai. Itu artinya nanti pada saat kita laksanakan migrasi analog ke digital, infrastrukturnya sudah siap. Nah yang belum siap di tahap satu adalah perangkat penerimanya, yaitu TV milik masyarakat,” kata Johnny dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama TVRI dan Komisi I DPR RI di Jakarta, Selasa.

Pada ASO tahap pertama, Kementerian Kominfo menjelaskan dibutuhkan sekitar 3 juta STB.

Dari segi kewajiban para penyelenggara multipleksing yang telah terpilih diwajibkan memberikan STB kepada rumah tangga miskin.

Selain para penyelenggara multipleksing, Kementerian Kominfo menurut Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postel Siar) 46/2021 juga memiliki kewajiban serupa.

Khusus Kementerian Kominfo ditentukan harus menyediakan 1 juta STB, dan saat ini tengah melakukan pelelangan bagi pihak ketiga untuk bisa mendistribusikannya kepada masyarakat.

Pihak ketiga itu nantinya tidak hanya menyiapkan alur distribusi tapi juga akan memverifikasi penerima bantu STB hingga memastikan perangkat STB di pasang di rumah penerima bantuan.

Sementara sisa kekurangan STB yang belum tercukupi akan dipenuhi oleh para penyelenggara multipleksing.

Hal inilah yang tengah dibahas oleh Kementerian Kominfo dan para penyelenggara multipleksing agar pelaksanaan ASO tahap pertama bisa berjalan tepat waktu.

Kominfo juga mengajak DPR Komisi I untuk bisa ikuti memitigasi bersama terkait pemberian STB kepada masyarakat yang telah ditentukan sehingga pada akhirnya program nasional ini bisa berjalan dengan maksimal.

“Ini harus kita mitigasi bersama. Saya berterimakasih sekali untuk kesediaan Komisi I mau memitigasi ini, karena sukses ini (ASO), ada sukses kita bersama. Itu tugas kita bersama- sama,” ujar Johnny.

ASO tahap 1 akan berlangsung pada akhir April 2022 dengan sasaran 166 Kabupaten/ Kota.

Rapat itu pun menghasilkan kesimpulan bahwa Kementerian Kominfo harus memastikan infrastruktur penyiaran digital yang mendukung kelancaran ASO tersedia di setiap wilayah siaran di Indonesia termasuk wilayah perbatasan dan 3T serta wilayah non-ASO.

Selain itu, Kemenkominfo juga harus memastikan ketersediaan STB sesuai kebutuhan masyarakat dengan mekanisme yang jelas merujuk pada tahapan ASO yang telah ditetapkan.

Kemenkominfo juga harus melakukan fungsi pengawasan dalam pendistribusian STB agar tepat sasaran dan merata merujuk pada data yang relevan dan akurat.

Baca juga: Penataan spektrum frekuensi demi kembangkan 5G

Baca juga: Menkominfo paparkan tantangan spektrum frekuensi, 5G dan ASO

Baca juga: Siaran digital 2022, apa yang harus masyarakat siapkan?


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022