Manado (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Regional Office Manado bekerja sama dengan Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) meluncurkan pembayaran digital QRIS angkutan kota (angkot) di Kota Manado, Sulawesi Utara.

"Saat ini sistem pembayaran dengan menggunakan QRIS BRI sebagai media pembayaran moda transportasi kota (Angkot) mikro di Manado," kata Direktur Utama Bank BRI Sunarso, di Manado, Minggu.

Dia mengatakan digitalisasi pembayaran di mikrolet ini rencana akan dilanjutkan dengan pemasangan QRIS di 3.000 moda Transportasi Mikro di Manado.

Ia mengatakan dan pemasangan QRIS juga akan berlanjut ke 5.000
Bentor (Becak Motor) yang ada di Kotamobagu dan Manado.

Menurut Ali Masuron selaku Regional Consumer Banking Regional Office Manado, dengan QRIS BRI masyarakat di Sulawesi Utara yang menggunakan mikrolet atau bentor akan lebih cepat,aman dan praktis.

"Karena penumpang mikrolet dapat melakukan pembayaran dengan langsung Scan dari BRImo dan Dompet Digital seperti Gopay, Shoppe Pay, Ovo, Link Aja dan fitur scan barcode lainnya," katanya.

Maanfat lain dari QRIS ini juga, katanya, dapat dirasakan oleh pemilik mikrolet karena pembayaran penumpang dapat langsung masuk ke rekening, dan tentunya sudah tidak harus lagi
menyiapkan uang kembalian untuk penumpang.

Ketua Organda Sulut Novri James Rengkung mengatakan pihaknya menyambut baik dan berterima kasih kepada Bank BRI atas dukungan kepada Organda, semoga dengan QRIS BRI dapat memberikan maanfaat bagi para pemilik Mikrolet dan mempermudah pembayaran oleh penumpang.

Kegiatan digitalisasi pembayaran dilakukan oleh BRI Regional Office Manado sebagai salah satu wujud nyata dalam pembuatan smart city dengan mengusung cashless payment sebagai sarana transaksi yang bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat setempat dan juga upaya meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

Simbolis pemasangan QRIS di Mikrolet tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama Bank BRI Sunarso dengan menempelkan sticker QR Code QRIS di dalam mikrolet dan Uji Coba Transaksi QRIS.

Dalam acara tersebut juga disaksikan oleh Direktur Konsumer BRI Handayani, Direktur Manajemen Resiko Agus Sudiarto, Regional CEO Manado John Sarjono, Ketua Organda Sulut Novri James Rengkung dan puluhan perwakilan supir Angkot Mikro dan Bentor di Manado yang telah di branding dan menggunakan QRIS BRI.

Penerjemah: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022