Jakarta (ANTARA) - Bayer Leverkusen menaklukkan Borussia Moenchengladbach dengan skor tipis 2-1 demi kembali ke jalur kemenangan dalam laga pekan ke-19 Liga jerman di Stadion Borussia Park, Sabtu, waktu setempat (Minggu WIB).

Robert Andrich dan Patrik Schick mencetak gol-gol penyokong kemenangan Leverkusen dan tuan rumah hanya bisa membalas sekali melalui Nico Elvedi.

Leverkusen meraih kemenangan pertama mereka dalam lima pertandingan terakhir dan merangsek naik ke posisi ketiga klasemen dengan koleksi 32 poin.

Sedangkan Gladbach yang kembali terpuruk menelan kekalahan ketiga dalam lima penampilan terakhir tak beranjak dari urutan ke-12 dengan 22 poin, demikian catatan situs resmi Liga Jerman.

Statistik pertandingan memperlihatkan Leverkusen hanya memiliki 45 persen penguasaan bola, tetapi itu bisa mereka terjemahkan dengan serangan agresif lewat 32 percobaan tembakan yang dicatatkan sepanjang laga.

Babak pertama berlalu dengan skor kacamata dan tim tamu punya peluang emas untuk membuka keunggulan lima menit selepas turun minum, tetapi eksekusi penalti Schick bisa dimentahkan oleh kiper Yann Sommer.

Beruntung hasil sepak pojok dari situasi tersebut mampu berbuah gol, ketika Andrich melepaskan sontekan jarak dekat untuk menyelesaikan umpan silang kiriman Florian Wirtz dan Leverkusen memimpin 1-0 atas Gladbach pada menit ke-51.

Kegagalan mengkonversi tendangan penalti dibayar lunas oleh Schick yang menggandakan keunggulan Leverkusen pada menit ke-74 lewat tandukannya menyambut umpan Piero Hincapie.

Gladbach menjanjikan momentum kebangkitan ketika Elvedi mencetak gol balasan memanfaatkan situasi sepak pojok untuk membuat kedudukan jadi 1-2 pada menit ke-81.

Namun, momentum itu tak berlanjut dan Gladbach malah memberikan hadiah tendangan penalti kedua untuk Leverkusen setelah Jordan Beyer melanggar Wirtz di dalam area terlarang pada menit ke-86.

Pertandingan malah semakin dramatis ketika Sommer mampu melakukan penyelamatan penalti keduanya saat ia menebak dan menggagalkan eksekusi Kerem Demirbay.

Sayangnya, sesudah itu Gladbach lebih banyak disibukkan menggalang pertahanan mereka yang dibombardir oleh Leverkusen. Bahkan Sommer harus melakukan aksi tiga penyelamatan beruntun atas tembakan-tembakan Amine Adli pada menit pertama injury time.

Kedua tim dijadwalkan merumput lagi pada Sabtu (22/1) pekan depan saat Leverkusen menjamu FC Augsburg di BayArena dan Gladbach kembali main di kandang menghadapi Union Berlin.

Sebelum itu, pada Rabu (19/1) Gladbach bakal tampil di babak 16 besar Piala DFB Pokal dengan melawat ke markas tim kasta kedua Hannover 96.

Baca juga: Leipzig tundukkan Stuttgart ketika tren nirmenang Wolfsburg berlanjut
Baca juga: Bayern kembali ke jalur kemenangan disokong trigol Lewandowski
Baca juga: Lewandowski bantu Bayern Muenchen pecahkan rekor gol Liga Jerman
Baca juga: Haaland turut antarkan Dortmund hancurkan Freiburg 5-1

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022