Untuk penangkapan agak sulit, karena dia sempat berontak dan kita agak kewalahan
Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur menyatakan kewalahan saat mengevakuasi buaya muara sepanjang tiga meter peliharaan warga di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur.

"Untuk penangkapan agak sulit, karena dia sempat berontak dan kita agak kewalahan," kata Pengendali Kelompok B Sektor Kecamatan Duren Sawit, Yuono, di Jakarta, Jumat.

Menurut Yuono, petugas harus menjerat mulut buaya menggunakan tali tambang dengan hati-hati.

Setelah bagian mulutnya berhasil terjerat, petugas kemudian masuk ke dalam kandang reptil tersebut. Yuono mengatakan, proses evakuasi itu dilakukan setelah sang pemilik, Prabowo Soenirman (65), sudah tidak sanggup merawat buaya muara tersebut.

Yuono menceritakan, proses evakuasi membutuhkan waktu sekitar 15 menit, dimulai pukul 09.45 WIB selesai pukul 10.00 WIB. Ada 10 petugas dari Sudin Gulkarmat Jakarta Timur yang dikerahkan.

"Pemilik meminta ke kita untuk mengevakuasi buaya tersebut. Kita sudah koordinasi dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) dan mereka siap menampungnya dan akan dilepas lagi ke habitat," ujar Yono.

Baca juga: Gulkarmat Jakarta Timur cari bocah tenggelam di Kali Ciliwung
Baca juga: Ular piton di plafon rumah warga dievakuasi Gulkarmat
Baca juga: Petugas Gulkarmat cari pekerja tercebur tangki septik di Cakung

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022