Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional putri Indonesia Rudy Eka Priyambada membidik raihan poin penuh dari Thailand dan Filipina dalam penampilan mereka di Grup B Piala Asia Putri 2022.

"Kami bisa mengambil poin penuh dari Thailand dan Filipina," ujar Rudy di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Juru taktik berusia 39 tahun itu menyebut bahwa timnya memang perlu realistis dalam menatap laga-laga Grup B Piala Asia 2022.

Peluang menang Indonesia dari laga versus Thailand dan Filipina lebih besar karena sudah beberapa kali bersua di level Asia Tenggara.

Namun, lain halnya ketika berhadapan dengan satu tim lain di Grup B yaitu Australia. Indonesia akan melawan salah satu timnas putri terbaik di Asia ini pada 21 Januari 2021.

Australia merupakan juara Piala Asia Putri pada tahun 2010. Selain itu, skuad perempuan Negeri Kanguru juga diperkuat pemain-pemain yang merumput di klub-klub ternama Eropa seperti Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, Chelsea dan Olympique Lyon.

"Bagaimana pun kami realistis. Banyak pemain Australia yang bermain di Liga Inggris," tutur Rudy.

Baca juga: PSSI dorong pemain putri berkarier di luar negeri
Baca juga: PSSI minta timnas putri tak gentar hadapi grup berat Piala Asia


Meski begitu, timnas putri tetap mempersiapkan diri dengan baik menuju Piala Asia Putri 2022 sebab tak ada yang tak mungkin dalam sepak bola.

Rudy Eka menegaskan bahwa skuad berjuluk Garuda Pertiwi terus menunjukkan perkembangan setelah menunaikan satu bulan pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan menjalani lebih dari enam kali laga uji coba.

Terkini, timnas putri menundukkan tim akademi putri Persib Bandung dengan skor 10-0 pada pertandingan uji coba di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

"Ada peningkatan luar biasa. Kolektivitas, kerja sama, fisik para pemain bagus. Pada dasarnya, kami siap ke Piala Asia," kata Rudy.

Piala Asia Putri 2022 digelar di India pada 20 Januari-6 Februari 2022. Di Grup B, pertandingan pertama Indonesia bergulir pada 21 Januari 2022 yakni menghadapi Australia.

Kemudian pada 24 Januari 2022, skuad berjuluk Garuda Pertiwi akan melawan Thailand lalu tiga hari kemudian menjajal kekuatan Filipina.

Timnas putri Indonesia yang berkekuatan 23 pemain akan berangkat ke India pada 16 Januari 2022.

Baca juga: Ketum PSSI berharap timnas putri lolos dari fase grup Piala Asia 2022
Baca juga: PSSI umumkan 23 pemain timnas untuk Piala Asia Putri 2022

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022