Jakarta (ANTARA) -
Puluhan pohon di Jalan RS Fatmawati Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, bakal ditebang untuk pelebaran jalan sebagai tindak lanjut penataan kawasan "Transit Oriented Development" (TOD) Fatmawati-Lebak Bulus.
 
Berdasarkan pantauan di lokasi, terdapat spanduk berisi pengumuman penebangan pohon karena akan terkena pelebaran jalan di kawasan itu.
 
Setidaknya ada lebih 20 pohon dengan berbagai diameter ditempeli spanduk akan ditebang di sepanjang jalan tersebut.
 
Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan, Heru Suwondo saat dikonfirmasi, Kamis mengatakan, penataan pohon tersebut merupakan pekerjaan dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta.
 
"Kerjaan dinas, silahkan ke dinas aja," ujar dia.

Baca juga: Pohon tumbang timpa dua mobil di Jakarta Utara
Baca juga: Pemkot Jaksel imbau warga waspadai pohon tumbang saat hujan
Spanduk berisi pengumuman penebangan pohon karena akan terkena pelebaran jalan di Jalan RS Fatmawati Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (13/1/2022). ANTARA/Sihol Hasugian
Salah satu warga setempat, Hendra saat ditemui di lokasi mengatakan, pemasangan spanduk dan penempelan kertas pengumuman penebangan pohon itu dilakukan pada Senin (10/1) pagi.
 
Hendra mengatakan, pengumuman rencana penebangan pohon yang terpasang saat ini sudah kerap kali dilakukan, namun belum pernah terealisasi.

Menurut dia, saat penempelan tanda tersebut, para petugas yang berjumlah tujuh orang turut melakukan pengukuran batang pohon yang akan ditebang.
 
"Tahun 2014 sudah pernah ditandai pakai cat, tapi tidak jadi ditebang. Makanya saya heran juga, kok gak jadi ditebang," kata Hendra.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022