Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Apple mengatakan pihaknya menghapus beberapa tiruan aplikasi “Wordle” dari App Store yang menjadi pusat untuk mengunduh berbagai aplikasi.

“Wordle” merupakan permainan kata yang tengah naik daun di Amerika Serikat dan Eropa setelah beberapa selebriti dan pesohor seperti Jimmy Fallon memainkan gim ini mengutip dari Reuters, Kamis.

Permainan kata itu sebenarnya tersedia secara daring tanpa perlu diunduh baik di perangkat dengan sistem operasi Android atau pun iOS dibuat oleh Josh Wardle dan tersedia pada Oktober 2021.

Baca juga: Apple diperintahkan mengendurkan aturan pembayaran di App Store

Namun dengan semakin populernya gim itu, beberapa pengembang gim membuat versi yang identik dari “Wordle” dan mengunggahnya di App Store maupun Google Playstore sehingga mendapatkan keuntungan dari aplikasi tiruan itu.

Pengguna ponsel pintar yang tidak mengetahui asal muasal gim “Wordle”, dengan tidak sadar mengunduh dan memainkan gim itu sehingga menguntungkan pembuat aplikasi tiruan itu.

Terpantau pada Rabu (12/1), satu- satunya aplikasi serupa “Wordle” yang tersisa di App Store adalah “Wordle!”.

Namun gim itu berbeda dengan “Wordle” versi Josh Wardle karena “Wordle!” telah dibuat empat tahun lalu oleh Steven Cravotta.

Dalam beberapa pekan terakhir “Wordle” versi Josh Wardle mengalami peningkatan pemain, berbagai pemain mengunggah skor mereka di media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Membuat gim itu semakin naik daun dan terlihat menjadi peluang menjanjikan oleh para peniru aplikasi.

Gim ini adalah pengalaman penggunaan gratis tanpa iklan di situs web sederhana yang tidak harus diunduh dari App Store Apple atau Google PlayStore.

Baca juga: Apple berencana berikan alternatif pembayaran di Korea Selatan

Baca juga: Tahun Baru, Apple bermasalah di India
​​​​​
Baca juga: App Store raup Rp3.715 triliun sejak diluncurkan tahun 2008


Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022