Jakarta (ANTARA) - Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry Calvin Tetelepta mengatakan pemerintah terus bekerja untuk memastikan kesiapan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia 2022.

Selain kesiapan infrastruktur dan fasilitas, beberapa aspek lain yang menjadi perhatian pemerintah, yakni ketersediaan air bersih, pasokan energi, jaringan 5G, dan kelayakan drainase atau saluran air.

“Untuk proteksi bagi masyarakat dalam waktu dekat, pemerintah juga akan melaksanakan vaksin booster (penguat) Covid-19 di Lombok dan sekitarnya. Ini sekaligus memberikan sinyal positif pada wisatawan tentang keamanan di Lombok, Mandalika, dan sekitarnya,” kata Febry di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Panitia Nasional maksimalkan kesiapan ajang MotoGP Sirkuit Mandalika

Ia mengatakan pemerintah juga sudah melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan World Superbike Championship (WSBK) pada November 2021. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang sama di MotoGP Indonesia 2022.

Sesuai evaluasi WSBK 2021, kata dia, ada beberapa hal yang akan akan ditingkatkan, di antaranya sistem rekayasa lalu lintas, arus kedatangan dan kepulangan dari darat, udara, dan laut, serta pelebaran jalan dari Kuta ke Keruak.

"Setiap aspek tersebut saat ini sudah ditindaklanjuti oleh kementerian/lembaga serta pemerintah daerah dan ITDC," ujarnya.

Baca juga: MGPA: Antusiasme pecinta balap MotoGP Sirkuit Mandalika cukup tinggi

Menurut Febry, penyelenggaraan ajang internasional seperti MotoGP 2022 dapat menjadi momentum penting kebangkitan sektor pariwisata.

Dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah kegiatan Internasional dan juga menerima kunjungan wisatawan asing.

“KSP akan memastikan kawasan ini dipersiapkan dengan benar untuk menjadi satu magnet pariwisata baru di Indonesia. Karena itu perlu ada kerja sama pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat, untuk mendukung kesuksesan berbagai acara yang akan diselenggarakan di Mandalika," pungkasnya.

MotoGP Mandalika masuk ke dalam seri kedua kalender MotoGP 2022. Acara tersebut dijadwalkan berlangsung pada 20 Maret 2022 di Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Tiket nonton MotoGP di Mandalika seharga Rp15 juta ludes terjual
Baca juga: MGPA: 4529 Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika terjual dalam sepekan

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022