Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 115 wartawan dari berbagai media dilantik menjadi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur periode 2021-2026 oleh Ketua PWI Pusat H Atal S Depari.

Ketua Umum PWI Jawa Timur Lutfil Hakim, usai pelantikan di Surabaya, Rabu mengatakan pengurus PWI Jatim saat ini cukup banyak karena mengakomodir semua komponen wartawan di wilayah itu.

Selain itu, kata Lutfil, PWI Jawa Timur memiliki anggota terbesar se-Indonesia, yakni 1.300 anggota.

"Kami berharap seluruh anggota PWI Jawa Timur mampu berkontribusi dalam menjunjung pers yang sehat, cerdas dan berwibawa, dan saya meminta semua anggota untuk terus meningkatkan kompetensi dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik," katanya.

Lutfil juga meminta setiap pengurus mampu meningkatkan kompetensi, tidak hanya dalam bidang jurnalistik, melainkan juga dalam bidang lain, seperti keilmuan dan pengetahuan umum.

"Kami mengajak seluruh anggota PWI untuk terus mengawal kemajuan bangsa dengan menyampaikan informasi dan berita yang kredibel dan benar-benar menunjukkan kebenaran dalam menyajikan berita bagi masyarakat," katanya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir dalam acara pelantikan menyebut bahwa Jawa Timur memiliki wilayah yang luas dan kabupaten/kota terbanyak di Indonesia, yakni sebanyak 38 kabupaten/kota dengan 666 kecamatan dan 8.501 kelurahan dan desa.

"Sehingga, apabila kepengurusan PWI Jatim saat ini memiliki squadron terbanyak di Indonesia hal itu pantas, karena yang di-cover cukup banyak dan luas. Oleh karena itu, saya ucapkan selamat dan sukses bagi pengurus baru PWI Jatim," kata gubernur pertama perempuan di Jatim itu.

Khofifah mengatakan bahwa Pemprov Jatim siap membantu PWI Jawa Timur untuk meningkatkan sinergitas antara pemerintah dengan para wartawan, khususnya anggota PWI Jatim, dan membantu meningkatkan kompetensi wartawan dalam bidang-bidang terkait, sehingga wawasan dan kompetensi para wartawan PWI Jawa Timur semakin meningkat.

"Kami juga meminta seluruh pemangku kepentingan dan PWI Jawa Timur untuk terus bekerja sama meningkatkan dan mendukung program Jatim Bangkit sehingga Jawa Timur terus menjadi provinsi terbaik," katanya.

Selain dihadiri Gubernur Jatim, pelantikan pengurus juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, perwakilan Kodam V Brawijaya, Polda Jawa Timur yang diwakili Wakapolda Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi serta Forkopimda Jawa Timur.

Pewarta: Abdul Malik
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022